Suliadi, Mantan Sopir Jokowi yang Kini Jadi Driver Jan Ethes di Solo

Videonya viral usai diunggah Presiden Jokowi

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah memiliki seorang sopir semasa dirinya menjabat sebagai Wali Kota di Solo. Ia bernama Suliadi yang belakangan viral di media sosial lantaran pria asli Malang, Jawa Timur tersebut muncul pada channel Youtube Presiden Joko Widodo, belum lama ini.

1. Mengetahui video diunggah justru dari teman-temannya

Suliadi, Mantan Sopir Jokowi yang Kini Jadi Driver Jan Ethes di SoloMantan sopir Presiden Jokowi, Suliadi. Youtube/Presiden Joko Widodo

Suliadi saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon mengaku kaget sekaligus senang saat ceritanya dirinya diposting oleh Presiden Jokowi di akun media sosial.

Kabar tersebut bahkan tak dilihat langsung oleh Suli, sapaan akrabnya. Ia mengetahui postingan tersebut justru dari teman-temannya lantaran tidak bisa mengakses media sosial.

"Saya tidak baca, saya liat dari konco-konco (red: temen-temen) itu," ungkapnya, Selasa (28/9/2021).

2. Bertugas mengantar jemput cucu Jokowi

Suliadi, Mantan Sopir Jokowi yang Kini Jadi Driver Jan Ethes di SoloMantan sopir Presiden Jokowi, Suliadi. Youtube/Presiden Joko Widodo

Suli mengaku usai Jokowi berakhir manjabat sebagai Wali Kota Solo, dirinya sempat menganggur selama satu tahun. Kemudian, mendapat tawaran sebagai sopir kembali untuk putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming, kesempatan tersebut langsung diambil oleh Suli mengingat saat itu ia mengaku juga membutuhkan pekerjaan.

"Saya sudah 10 tahun sampai Bapak (Jokowi) berakhir menjabat, terus nganggur setahun. Bar nganggur (setelah nganggur) itu bekerja untuk Mas Gibran 4 tahun," jelasnya.

Selama bekerja dengan Gibran, Suli mengaku diberi tugas untuk mengantarkan Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah untuk pergi sekolah dan bimbingan belajar.

"Iya mengantar les Ethes, dulu sekolah juga," jelasnya.

Suli juga menceritakan kegiatan cucu Jokowi tersebut selama didalam mobil. Menurutnya, Jan Ethes sering mengajaknya bercanda, dan memanggil dirinya dengan sebutan 'Pak Suli'.

"Di mobil Ethes suka bercanda, kalau manggil ya Pak Suli gitu," katanya.

3. Suli kini menjadi sopir keluarga Gibran

Suliadi, Mantan Sopir Jokowi yang Kini Jadi Driver Jan Ethes di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan jika Suliadi ikut dirinya setelah pensiun sebagai sopir Jokowi. Ia juga membenarkan jika saat ini Suli diberi tugas untuk menjadi sopir dua anaknya dan juga istrinya Selvi Ananda. belajar.

"Pak Suli saat ini nyopiri (red: menjadi sopor) Jan Ethes, saat les (red: bimbingan belajar)," ujarnya.

Dalam video yang diunggah channel Youtube Presiden Joko Widodo, Suliadi menceritakan kenangannya semasa menjadi sopir Jokowi. Menurutnya, Jokowi sosok sangat baik pada dirinya dan tidak pernah macam-macam. Semasa dirinya menyopiri Jokowi adalah orang yang santai. Kalau penasaran, simak videonya berikut ini.

https://www.youtube.com/embed/lNI9qVq1wCo

Baca Juga: AHHA PS Pati FC Kalah, Gibran Lontarkan Sindiran Lucu ke Tim Atta

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya