Bom di Kartasura, Kapoda Jateng: Korban adalah Pelaku Tunggal

Tujuh anggota polisi selamat

Solo, IDN Times - Polisi menduga pelaku bom bunuh diri di depan Pospam Lebaran di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, merupakan pelaku tunggal. Sedangkan pelakunya diduga adalah pria yang menjadi korban ledakan tersebut.

 

Baca Juga: Ledakan Bom Sukoharjo, Kapolda Jateng: Ini Serangan pada Kepolisian

1. Korban ledakan diduga sebagai pelaku bom bunuh diri

Bom di Kartasura, Kapoda Jateng: Korban adalah Pelaku TunggalIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, seusai meninjau lokasi kejadian, Selasa (4/6) pukul 01.30. Menurut Rycko, sampai aat ini belum ditemukan indikasi adanya pelaku lain.

“Telah terjadi ledakan bom bunuh diri di simpang tiga Tugu Kartasura. Satu orang menjadi korban yang juga diduga sebagai pelaku. Bom bunuh diri, tapi pelakunya masih hidup,” kata Rycko kepada wartawan di lokasi kejadian.

2. Kondisi korban sekaligus pelaku kritis di rumah sakit

Bom di Kartasura, Kapoda Jateng: Korban adalah Pelaku TunggalIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Kapolda menyampaikan dugaan tersebut berdasarkan sebaran bahan peledak yang hanya mengenai tubuh pria itu, padahal ledakan terjadi tepat di depan Pospam. Sementara Pospam sendiri hampir tidak mengalami kerusakan. Rycko menambahkan saat ini kondisi korban kritis dan dirawat di rumah sakit.

“Korban sebagai pelaku karena ledakan hanya mengenai tubuh korban, kondisinya kritis. Kasus ditangani oleh Polda Jateng dan Polres Sukoharjo,” jelas dia.

Rycko menambahkan ada tujuh polisi yang bertugas di Popam Lebaran saat ledakan terjadi, namun semuanya selamat. Empat orang bertugas di dalam Pospam, tiga lainnya mengatur lalu-lintas.

“Alhamdulillah tidak ada korban dari aparat dan warga,” jelas dia.

3. Arus lalu-lintas ke Semarang dan Yogyakata dialihkan

Bom di Kartasura, Kapoda Jateng: Korban adalah Pelaku TunggalIDN TImes/MNugroho Adi Purwoko

Saat ini, polisi masih melakukan olah TKP di Popam Lebaran yang berada tetap di sisi barat Tugu Kartasura yang merupakan persimpangan arah menuju Semarang dan Yogyakarta. Selain Kapolda Jateng, terlihat juga Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Mochamad Effendi, dan Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

Akibat peristiwa itu, arus jalan menuju Semarang dan Yogyakarta di Kartasura macet total. Petugas mengalihkan kendaraan yang menuju Semarang lewat jalur alternatif di Colomadu, sedangkan kendaraan yang menuju Yogyakarta dialihkan melalui Jalan Slamet Riyadi Kartasura.

 

 

Baca Juga: Ledakan Bom di Sukoharjo, Ganjar Pranowo: Warga Jateng Diharap Tenang

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya