Comscore Tracker

Kudus Bakal Punya 12 Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP Sendiri

Urus adminitrasi kependudukan secara mudah

Kudus, IDN Times - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus bakal menyediakan belasan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan.

Anjungan itu nantinya akan dipasang di setiap kecamatan dan tempat keramaian.

Anjungan dukcapil mandiri ini nantinya bekerja seperti ATM. Dalam waktu singkat, anjungan itu akan bisa mencetak administrasi kependudukan. Seperti e-KTP, KK, KIA, dan akte.

Baca Juga: Tak Lagi Ribet, Warga Bisa Cetak e-KTP di Mesin Anjungan Mirip ATM

1. Sebanyak 12 unit anjungan dukcapil mandiri permudah pelayanan adminitrasi kependudukan

Kudus Bakal Punya 12 Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP SendiriIDN Times/Aji

“Rencananya tahun ini pada anggaran perubahan kami akan menyediakan sebanyak 12 unit anjungan dukcapil mandiri,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi sensus penduduk di pendapa Kabupaten Kudus pada Kamis (13/2).

Menurutnya, ADM ini nantinya akan mempermudahkan masyarakat untuk mengurus adminitrasi kependudukan. Karena masyarakat bisa langsung mencetak data kependudukan melalui anjungan tersebut. Bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

“Nantinya masyarakat akan mendapatkan seperti password. Itu nanti untuk mencetak seperti e-KTP, KK, KIA, dan akte,” ujar dia.

 

2. ADM akan dipasang di setiap kecamatan dan di tempat keramaian

Kudus Bakal Punya 12 Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP SendiriBlangko e-KTP yang diterima Dispendukcapil Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Eko memaparkan bahwa nantinya di sembilan kecamatan di Kudus akan dipasangi anjungan itu. Selain itu beberapa tempat keramaian seperti alun-alun dan pasar turut akan dipasangi ADM tersebut.

Pihaknya juga telah mengusulkan dianggaran perubahan 2020 ini untuk membeli anjungan. Setidaknya ada dana Rp 2,4 miliar untuk membeli 12 unit anjungan dukcapil mandiri.

 

3. Pemkab siapkan Rp2,4 miliar untuk pengadaan 12 ADM

Kudus Bakal Punya 12 Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP SendiriSeorang warga sedang melakukan perekaman e-KTP di Kantor Dispendukcapil Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

“Estimasi satu unit ADM itu harganya Rp 200 juta. Jika 12 unit, totalnya Rp2,4 miliar,” tutur dia.

Ditambahkan dia, untuk di Jawa Tengah baru ada dua Kabupaten/Kota yang memiliki anjungan dukcapil mandiri. Seperti di Boyolali dan di Surakarta. Sehingga ia berharap, tahun 2020 ini nantinya Kabupaten Kudus segera memiliki ADM tersebut.

“Nah ini moga-moga di Kudus tahun ini di perubahan bisa melaksanakan itu,” tandasnya.

Baca Juga: Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan Warga

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya