Comscore Tracker

Pasar Turi Pati Tempat Mbah Roso Bagi-bagi Masker Langsung Ditutup!

Dilakukan sterilisasi

Pati, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Pati menutup sementara Pasar Puri Pati, Sabtu (28/3). Hal ini dilakukan mengingat sebelumnya almarhum Anggota DPR RI Imam Suroso atau yang juga dikenal dengan panggilan Mbah Roso melakukan kegiatan sosial membagikan masker dan hand sanitazer pada Jumat (20/3) lalu.

Ini dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap warga yang melakukan kontak dengan Mbah Roso yang sebelumnya meninggal dunia dirawat di RSUP Kariadi Semarang sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (COVID-19).

Baca Juga: 10 Potret Bakti Sosial Mbah Roso Anggota DPR RI Sebelum Meninggal

1. Pasar Puri ditutup dan dilakukan penyemprotan disinfektan

Pasar Turi Pati Tempat Mbah Roso Bagi-bagi Masker Langsung Ditutup!Google image

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pati Suharyono membenarkan penutupan tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk melakukan sterilisasi Pasar Puri Pati. 

Penutupan dilakukan sampai dengan Selasa (31/3) mendatang. Mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan di Pasar Puri Pati akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Ditutup sampai dengan Selasa untuk dilakukan penyemprotran terus Rabu buka lagi,” begitu ujar Suharyono yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati saat dikonfirmasi IDN Times pada Sabtu (28/3).

Dia menuturkan, pihaknya langsung melakukan tracing kepada warga yang sebelumnya kontak langsung dengan Mbah Roso. Terutama para pedagang di Pasar Puri Pati yang sebelumnya mendapatkan masker dan hand sanitazer dari Anggota DPR RI asal Pati ini.

2. Semua warga yang kontak dengan Mbah Roso dilacak

Pasar Turi Pati Tempat Mbah Roso Bagi-bagi Masker Langsung Ditutup!Ilustrasi. Pemeriksaan warga asing di atas kapal oleh KKP Balikpapan. (Dok. KKP Balikpapan)

“Ya ini semua yang kontak dengan mbah roso akan ditracking semuanya. Syukur ada kesadaran diri untuk mengisolasi diri,” ujar dia. 

Dia menuturkan, jika warga yang sebelumnya kontak langsung mengalami keluhan diminta untuk segera langsung periksa di puskesmas atau di rumah sakit.Dia berharap tidak semua warga yang kontak langsung tertular, sebab penularannya tergantung dengan kekebalan tubuh.

“Tidak semua yang kontak belum tentu karena ini kan tergantung kekebalan tubuh,” kata dia.

3. Dokter dan tim medis yang mendampingi Mbah Roso diminta untuk melakukan cek kesehatan

Pasar Turi Pati Tempat Mbah Roso Bagi-bagi Masker Langsung Ditutup!Google

Suharyono mengatakan, untuk para tim medis ataupun dokter yang sebelumnya mendampingi Mbah Roso sudah melakukan isolasi diri. Para tim media yang sebelumnya kontak sudah melakukan isolasi sejak tanggal 22 Maret 2020 kemarin.

“Hari ini segera akan bertindak, seperti di Dukuhseti kemudian Pasar puri, termasuk dokter di RS Mintra Bangsa. Termasuk wartawan kemarin waktu peliputan kegiatan Mbah Roso juga banyak yang ikut. Ini harus melakukan isolasi diri,” pinta dia.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Imam Suroro meninggal dunia pada Jumat (27/3) malam. Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan itu meninggal dunia sebelumnya dirawat menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19. 

Baca Juga: Anggota DPR RI Mbah Roso Mencuit soal Imunitas Sebelum Meninggal Dunia

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya