RSUD Margono Kembali Terima Rujukan Tiga Pasien Pengawasan Corona

Dua pulang dari luar negeri, satu orang pulang dari Jakarta

Banyumas, IDN Times - RSUD Prof Dr Margono Soekarjo kembali menerima rujukan pasien dalam pengawasan. RSUD Margono menerima tiga pasien dengan gejala demam dan batuk.

Baca Juga: Update COVID-19 di Jateng, 5 Pasien Pengawasan di Banyumas Negatif

1. Pasien baru pulang dari luar negeri

RSUD Margono Kembali Terima Rujukan Tiga Pasien Pengawasan CoronaIstimewa

Sebanyak dua dari tiga pasien ini dirujuk pada Jumat malam (13/3). Dua pasien yang masing-masing warga Banjarnegara dan Kebumen memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

"Yang satu habis dari umrah, yang satu kalau tidak salah dari Canberra," ujar Dr Veronica Dwi, Kepala Bagian Umum RSUD Margono.


Sementara satu pasien lainnya dirujuk dari RS Emanual Banjarnegara. Pasien yang berdomisili Cilacap ini memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

2. Sampel darah dikirim ke Kementerian Kesehatan

RSUD Margono Kembali Terima Rujukan Tiga Pasien Pengawasan CoronaFlickr/lazoithelife

Karena datang lebih dulu, sampel darah pasien ini sudah dikirim ke laboratorium Kemenkes Jakarta. Veronica mengatakan hasil uji laboratorium belum keluar karena harus mengantre.

"Antreannya banyak sekali," ujar Veronica.

Ia mengatakan, perlengkapan keamanan RSUD Margono masih memadai. Margono memiliki enam ruang isolasi yang siap digunakan setiap saat.

"Tenaga kesehatan juga standby," kata dia

3. Sebelumnya sebanyak lima pasien dalam pengawasan dinyatakan negatif

RSUD Margono Kembali Terima Rujukan Tiga Pasien Pengawasan CoronaPengunjung melintas masuk RSUD Banyumas yang beberapa waktu lalu merawat pasien dengan pengawasan. .IDN Times/Rudal Afgani

Sebelumnya hasil pengujian sampel darah pasien dengan pengawasan terkait COVID-19 yang dirawat di RSUD Banyumas dan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo telah keluar. Kelima pasien dinyatakan negatif covid-19.

Kepala Bagian Umum RSUD Margono, dr Veronica Dwi, mengatakan tiga pasien dengan pengawasan yang dirawat di ruang isolasi RSUD Margono telah pulang.

“Untuk yang kemarin tiga orang dirawat di RSUD Margono sudah keluar, hasilnya negatif dan ketiganya juga sudah pulang,” ujar dia.

Dua pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Banyumas juga telah pulang. Hasi uji laboratorium sampel darah keduanya menunjukkan negatif covid-19.

“Sudah pulang dua-duanya. Hasilnya negatif,” ujar dr Noegroho Harbani, Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas.

Tiga pasien dengan pengawasan di RSUD Margono merupakan pasien rujukan dari Banjarnegara, Kebumen dan Cilacap. Pasien dari Banjarnegara memiliki riwayat bepergian ke Malaysia.

Sementara pasien dari Kebumen memiiki riwayat perjalanan dari Taiwan. Pasien dari Cilacap juga baru kembali dari Makau, Cina.

“Ketiganya datang dengan gejala demam, batuk, dan sesak napas,” kata Direktur RSUD Margono, dr Tri Kuncoro.

Pasien pertama dirujuk dari RS Wiradadi Husada Sokaraja, Banyumas. Pasien ini mengalami gejala demam, nyeri pada ulu hati, muntah, dan diare beberapa hari setelah pulang dari Hong Kong.

Pasien kedua rujukan dari RSU Wijayakusuma Purwokerto. Pasien ini datang dengan keluhan  demam batuk, nyeri tenggorokan, dan diare.

“Pasien kedua merupakan peserta pertukaran pelajar yang memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia dan Singapura,” ujar dia.

Baca Juga: Wali Kota Solo Tetapkan Status KLB Virus Corona

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya