Ruang Isolasi Penuh, 6 PDP Virus Corona di Purbalingga Dipulangkan

Saat ini hanya ada 10 ruang isolasi di RSUD Goeteng

Purbalingga, IDN Times - Sebanyak enam pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (COVID-19) di RSUD Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga, Jawa Tengah dipulangkan meski hasil uji laboratorium terhadap sampel swab belum keluar. Mereka dipulangkan karena dinilai pihak rumah sakit kondisinya telah membaik.

1. Dipulangkan karena ruang isolasi akan digunakan pasien lain

Ruang Isolasi Penuh, 6 PDP Virus Corona di Purbalingga Dipulangkanbangkokpost.com

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono, mengatakan, selain karena kondisi yang membaik, pemulangan pasien juga lantaran ruang isolasi akan bergantian digunakan pasien lain.

Ia menyebut keenam pasien PDP itu diminta menunggu hasil pemeriksaan sampel di rumah. Jika menunjukkan positif, maka pasien itu akan kembali diisolasi.

"Karena membaik, ya sudah pulang, rumah sakitnya gantian untuk pasien yang lain," katanya kepada IDN Times melalui sambungan telepon, Minggu (22/3).

Baca Juga: Personel Terbatas, Penyemprotan Disinfektan di Purbalingga Bertahap 

2. Ada 10 ruang isolasi yang semuanya telah penuh

Ruang Isolasi Penuh, 6 PDP Virus Corona di Purbalingga DipulangkanANTARA FOTO/Basri Marzuki

Direktur RSUD Goeteng, Nonot Mulyono, mengatakan, kapasitas ruang isolasi RSUD Goeteng saat ini sebanyak 10 ruang. Semua ruang tersebut kini dipenuhi oleh PDP virus corona (COVID-19).

"Masih 10, penambahan ruang belum jadi," jelasnya dalam sambungan telepon kepada IDN Times.

Untuk diketahui, jumlah PDP di Purbalingga, Jawa Tengah berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, per Minggu (22/3) pukul 10.47 WIB berjumlah 22 orang. Mereka dirawat di sejumlah rumah sakit, antara lain RSUD Goeteng Taroenadibrata, RS Harapan Ibu, RSUD Banyumas, dan RSUD Banjarnegara.

Adapun untuk orang dalam pemantauan (ODP) terdapat 7 pasien dan orang dengan risiko (ODR) sebanyak 46 orang.

3. Ada 78 perantau tiba di Purbalingga

Ruang Isolasi Penuh, 6 PDP Virus Corona di Purbalingga DipulangkanPemeriksaan suhu badan calon penumpang KA. IDN Times/Zainul Arifin

Dinas Kesehatan Purbalingga juga menyebut jika satu PDP yang tengah dirawat di RSUD Margono Purwokerto dinyatakan negatif virus corona (COVID-19). Pasien tersebut diketahui berasal dari Depok, Jawa Barat dan sudah dipulangkan pada Jumat (20/3).

Sementara itu, Dinkes Purbalingga juga melakukan pengecekan terhadap 78 orang warga Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga lantaran mereka kembali ke kampung halaman usai merantau dari Jakarta dan Tangerang. Mereka tiba pada Jumat (20/3) malam dan Sabtu (21/3) malam dengan menyewa tiga bus.

Satu per satu warga diperiksa oleh petugas Puskesmas Mrebet dengan menggunakan termometer infra merah ketika tiba di Purbalingga. Para perantau tersebut juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Baca Juga: Dua Warga Banyumas Positif Virus Corona, Satu Meninggal di Jakarta

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya