Comscore Tracker

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  

Laptop Windows memiliki keunggulan dibanding MacOS

Dewasa ini, laptop seakan telah menjadi kebutuhan primer kita. Laptop menjadi alat yang sangat diperlukan untuk beberapa hal. Mulai dari membantu menyelesaikan pekerjaan kita, membantu membuat tugas sekolah, hingga untuk hiburan seperti menonton film atau game.

Jika sudah bicara soal memilih laptop, biasanya kita akan dikerucutkan ke 2 jenis laptop, laptop berbasis Windows atau Macbook yang berbasis MacOS?

Keduanya pasti punya keunggulan masing-masing. Tapi, di bawah ini ada 9 alasan yang membuatmu untuk memilih laptop Windows ketimbang MacOS, Apa aja?

Baca Juga: 5 Laptop Gaming yang Menggunakan RTX 3050, Harga Terjangkau

1. Pilihan aplikasi yang lebih banyak

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  Ilustrasi aplikasi Windows (unsplash.com/Windows)

Jika bicara soal aplikasi, Windows memiliki aplikasi yang lebih banyak dan beragam dibanding MacOS. Jika kita melihat download(dot)com, situs perpustakaan aplikasi, Windows memiliki 55.000 aplikasi, sedangkan MacOS hanya 4.500.

Banyaknya pilihan aplikasi ini membuat kamu bisa memilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhanmu. Selain itu, dilansir Linus Tech Tips, beberapa aplikasi dalam bidang teknik, edukasi, dan penelitian dirancang khusus untuk Windows.

2. Pilihan terbaik untuk gaming

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  Ilustrasi bermain game di Windows (unsplash.com/Florian Olivo)

Bicara soal gaming, maka laptop Windows sudah jelas berada di atas MacOS. Windows sendiri memiliki banyak dukungan dalam hal gaming, mulai dari Steam, Origin, Epic Games, Xbox, dan lainnya.

Beberapa game hanya dapat dimainkan di Windows. Sebut saja game-game tersohor seperti The Witcher III, Grand Theft Auto V, CyberPunk, Apex Legends, hingga NBA 2K23 yang hanya bisa tersedia untuk Windows.

3. Muncul dengan banyak pilihan, mulai dari clamshell hingga 2 in 1

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustasi laptop 2 in 1 Windows (unsplash.com/Windows)

Laptop berbasis Windows datang dengan variasi yang lebih beragam dibanding MacOS. Sebab, pada laptop berbasis MacOS, kamu hanya memiliki 2 pilihan, macbook air atau macbook pro yang memiliki bentuk clamshell.

Sedangkan untuk laptop Windows, kamu bisa memilih laptop clamshell, yang umum ditemui, seperti lini Acer Aspire, Asus Vivobook, Dell XPS, dan sebagainya. Jika kamu ingin tampil beda, kamu bisa membeli laptop 2 in 1 yang bisa menjadi laptop sekaligus tablet. Laptop 2 in 1 windows juga bervariasi, mulai dari lini Lenovo Ideapad Flex, Acer Spin, hingga Microsoft Surface.

4. Terdapat pilihan harga yang lebih murah dari Macbook  

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi laptop budget Windows (unsplash.com/Erick Cerritos)

Hadirnya banyak pilihan di laptop Windows membuat harga laptop Windows bervariasi. Pastinya laptop Windows menyediakan pilihan yang lebih murah ketimbang macbook.

Jika kita lihat di iBox, macbook termurah yang bisa kita dapatkan adalah macbook air M1 seharga Rp 17.199.000,-. Laptop Windows sendiri memiliki banyak pilihan laptop dibawah 10 juta. Bahkan, ada juga laptop windows dibawah 5 juta seperti HP 14s Athlon, Lenovo Slim D330, Acer Aspire 3, dan banyak lagi.

5. Kemudahan dalam kustomisasi tampilan  

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi pengaturan tampilan Windows (unsplash.com/Dell)

Kamu nggak suka sama tampilan laptop Windows? Tenang aja, Windows memberikan kamu kebebasan untuk mengotak-atik tampilan laptopmu. 

Kamu bisa mengubah wallpaper, warna, tema, hingga menambahkan widget, seperti cuaca dan suhu, ke tampilan laptopmu. Bahkan, kamu juga bisa mengatur agar tampilan laptopmu mirip seperti Macbook lho!

6. Kemudahan untuk upgrade hardware laptop

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi upgrade RAM di Windows (unsplash.com/Harrison Broadbent)

Umumnya laptop Windows mudah untuk dibongkar dan menyediakan slot untuk upgrade hardware seperti RAM dan memori penyimpanan. Hal ini menjadi keuntungan jika suatu saat nanti kamu merasa RAM laptopmu kurang atau kamu membutuhkan tambahan memori internal.

Jika kamu merasa gak ada laptop yang sesuai denganmu, kamu juga bisa membeli hardware yang kamu inginkan secara terpisah dan merakitnya. Sesuatu yang tidak dapat dilakukan di Macbook.

7. Dukungan untuk virtual reality (VR) dan ramah terhadap penyandang disabilitas

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi virtual reality (unsplash.com/Stephan Sorkin)

Dalam hal VR dan dukungan untuk disabilitas, Windows lebih unggul dibanding MacOS. Dilansir PCMag, Windows memiliki aplikasi Windows Mixed Reality Viewer untuk mendukung VR. Virtual reality di Windows juga didukung oleh perangkat VR headset, seperti HTC Vive dan Oculus Rift, yang membuat pengalaman VR kamu makin berkesan.

Tak hanya di bidang VR, Windows sendiri juga memiliki fitur untuk mempermudah penyandang disabilitas. Beberapa fiturnya seperti pembesar layar dan dukungan braille bagi tunanetra. Penyedia teks narasi bagi tunarungu. Windows juga memiliki fitur untuk mengontrol komputer melalui kedipan mata.

8. Bisa tersambung ke smartphone Android kamu secara seamless

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi laptop Windows dan smartphone Android (unsplash.com/Mitesh)

Jika kamu pengguna smartphone Android, maka kamu bisa menghubungkannya di laptop Windows. Melalui aplikasi Link Phone di Windows, kamu bisa melihat pesan, menerima atau membuat telepon, hingga mentransfer file dari smartphone kamu secara seamless.

Bahkan, dilansir Android Authority, lewat update terbaru di Windows 11, kamu bisa mendownload aplikasi Android di laptop kamu lho. Kamu cukup mendownload aplikasi Amazon Appstore di Microsoft Store untuk bisa mendownload aplikasi Android.

9. Kemudahan jika ada error atau masalah di laptop windows kamu

9 Alasan Tetap Memilih Laptop Berbasis Windows Dibanding MacOS  ilustrasi error pada Windows (unsplash.com/Clint Patterson)

Laptop Windows sendiri gak lepas dari error dan bug. Namun, tenang aja, Windows memiliki komunitas besar yang akan membantumu menyelesaikan error tersebut.

Dilansir dari Statista, 76% pengguna laptop di dunia merupakan pengguna Windows. Jadi, jika kamu memiliki masalah, besar kemungkinan masalah kamu pernah dialami orang lain dan solusinya telah banyak beredar di internet.

Kembali lagi, baik Windows dan MacOS memiliki keunggulan dan peruntukannya masing-masing. Jika kamu merasa semua keunggulan di atas cocok buatmu, maka laptop Windows adalah untukmu.

Baca Juga: 5 Laptop Huawei Terbaik 2022, Dijuluki Macbook Killer!

Pradhipta Oktavianto Photo Community Writer Pradhipta Oktavianto

Seorang penulis random yang hobi mengembara dan mencintai alam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya