Comscore Tracker

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!

Bikin pemainnya ketakutan dan terbayang-bayang

Game horor merupakan salah satu genre yang banyak diminati para gamer. Unsur dalam game seperti pencahayaan yang minim, musuh yang menyeramkan, dan musik yang dark membuat para pemainnya ketakutan dan terbayang-bayang.

Namun, untuk mendramatisir gamenya, para pengembang seringkali membuat plot twist yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Misalnya saja daftar game horor berikut ini yang ternyata diangkat dari kisah nyata. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

Baca Juga: 7 Bos Terkuat di game Resident Evil 4 Remake, Sulit Dikalahkan!

1. Kholat

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Kholat (steam.com)

Kholat merupakan game horor indie yang dibuat oleh IMGN.PRO pada 9 Juni 2015. Plot dari game ini diangkat dari tragedi 9 mahasiswa yang tewas secara misterius ketika sedang mendaki gunung di Pegunungan Ural, Rusia pada Februari 1959. Kisah ini kemudian dinamakan Dyatlov Pass Insident.

Pada game ini, kita berperan sebagai seseorang yang menelusuri jejak dari 9 mahasiswa tersebut. Nantinya, kita akan dihadapkan dengan berbagai kejadian supranatural di pegunungan tersebut.

2. Silent Hill

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Silent Hill (nordic.ign.com)

Silent Hill merupakan game yang dibuat oleh Konami yang rilis pertama kali pada Februari 1999. Game ini berlatar di Kota Silent Hill yang kini menjadi kota mati yang ditinggalkan penduduknya setelah terjadi kebakaran besar.

Namun, siapa sangka, ternyata Kota Silent Hill terinspirasi dari kota mati di dunia nyata, yaitu Kota Centralia di Pennsylvania. Pada tahun 1962, telah terjadi kebakaran tambang batubara akibat pembakaran sampah di dekat tambang yang ternyata ikut membakar batubara di bawah tanah.

Api tersebut masih menyala hingga saat ini dan mengeluarkan asap yang berbahaya bagi kesehatan, sehingga penduduk di sana harus dipindahkan ke kota-kota terdekat.

3. Chernobylite

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Chernobylite (bloody-disguisting.com)

Chernobylite merupakan game survival horor bertema sci-fi yang dibuat oleh The Farm 51 yang rilis pertama pada 2019.

Game ini menceritakan tentang fisikawan Ukraina, bernama Igor Khymynuk, yang ingin mencari tunangannya di Chernobyl Exclusion Zone.

Chernobyl sendiri merupakan kota di Ukraina yang pernah mengalami bencana ledakkan reaktor nuklir pada 26 April 1986. Hingga sekarang, area sekitar Chernobyl masih mengandung radioaktif.

4. The Town of Light

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!The Town of Light (steam.com)

The Town of Light merupakan game pyschological horror yang dirilis pada 2016 yang dibuat oleh LKA. Kita akan berperan sebagai gadis pengidap skizofrenia bernama Renee yang dikirim ke rumah sakit jiwa.

Namun, ternyata, rumah sakit jiwa pada game ini memanglah ada di dunia nyata yang bernama Volterra Psychiatric Asylum yang berada di Tuscany, Italia. Kemudian, rumah sakit ini ditutup pada tahun 1987 akibat kekejaman yang dilakukan kepada pasiennya.

5. Outlast

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Outlast (microsoft.com)

Outlast merupakan game pyschological horror yang rilis pertama pada 2013 oleh Red Barrels. Kamu akan berperan sebagai jurnalis yang ingin menginvestigasi rumah sakit jiwa bernama Mount Massive Asylum yang ternyata melakukan eksperimen ilegal pada pasiennya.

Eksperimen itu bernama MK Ultra yang ternyata pernah dilakukan oleh CIA pada 1953 - 1973. Eksperimen ini bertujuan untuk menginterogasi tahanan dengan pencucian otak dan penyiksaan psikologis.

6. Five Nights at Freddy's

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Five Nights at Freddy's (steam.com)

Game Five Nights at Freddy's dirilis pertama kali pada 2014 oleh Scott Cawthon. Game ini berlatar di sebuah restoran anak-anak bernama Freedy Fazbear's Pizza yang memiliki animatronic, yakni robot berupa hewan yang dapat berinteraksi dengan manusia.

Namun, semuanya berubah setelah William Afton melakukan pembunuhan pada seorang anak di sana, sehingga arwahnya masuk ke dalam animatronic serta mengubahnya menjadi ganas dan membunuh anak-anak lainnya.

Siapa sangka, ternyata kasus pembunuhan ini juga pernah terjadi di restoran pizza di Colorado, Amerika Serikat bernama Chuck E Cheese. Pada 14 Desember 1993 malam, 4 pegawai di sana tewas setelah ditembak oleh seorang mantan pegawai Chuck E Cheese.

7. Neverending Nightmares

7 Game Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata, Dark Banget!Neverending Nightmares (steam.com)

Terakhir, ada Neverending Nightmares yang dirilis pada 2014. Game ini menceritakan kisah seorang pemuda yang terus-menerus berada di alam mimpi setelah ia terbangun.

Rupanya mimpi buruk yang dialami sang protagonis merupakan kisah perjuangan yang dialami oleh designer game ini yang bernama Matt Gilgenbach dalam melawan penyakit mentalnya. Matt mengaku bahwa ia mengalami gangguan obsesive-compulsive disorder dan depresi.

Nah, itulah 7 game horor yang diangkat dari kisah nyata. Game manakah yang menurutmu paling membekas?

Baca Juga: 7 Game Horor Mengerikan yang Terinspirasi Cerita Rakyat

Yasmin Ramadini Photo Community Writer Yasmin Ramadini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya