Comscore Tracker

Ekspor Menurun, Produk Perikanan Jateng Bakal Dikirim lewat Kargo Udara

Transaksi ekspor perikanan merosot selama pandemik

Semarang, IDN Times - Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang tengah menjajaki aktivitas ekspor berbagai produk perikanan melalui jalur kargo udara. Pasalnya, capaian ekspor selama 2020 kemarin terkendala akses transportasi sehingga membuat volume barang yang dikirim mengalami penurunan. 

1. Pengiriman produk perikanan ke Singapura dan Jepang dilakukan via jalur udara

Ekspor Menurun, Produk Perikanan Jateng Bakal Dikirim lewat Kargo UdaraGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek produk perikanan yang akan dikirim ke sejumlah negara. Dok Pemprov Jateng

Kepala BKIPM Semarang, Raden Gatot Perdana mengungkapkan di tahun ini telah menggandeng maskapai Garuda Indonesia untuk melayani pengiriman produk perikanan ke Jepang dan Singapura. 

"Karena permintaan masyarakat di dua negara itu sangat tinggi, maka dalam waktu dekat kita berikan layanan dirrect call agar kita bisa langsung kirimkan produk perikanan ke Singapura dan Jepang," ungkapnya, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: BKIPM Bidik Peluang Ekspor Bahan Baku Makanan Halal ke Timur Tengah

2. Pengiriman produk perikanan terganggu selama masa pandemik

Ekspor Menurun, Produk Perikanan Jateng Bakal Dikirim lewat Kargo UdaraANTARA FOTO/Rahmad

Lebih lanjut, ia menyatakan layanan pengiriman dari jalur udara dimanfaatkan untuk mempercepat transaksi ekspor perikanan selama tahun ini. Ia mengaku sejak pandemik COVID-19 melanda Indonesia, wilayah Jawa Tengah yang turut terdampak telah membuat ekspor perikanan tersendat. 

"Proses pengiriman lewat laut agak terganggu, apalagi jumlah bahan baku yang diperoleh oleh para eksportir juga berkurang. Otomatis volume ekspornya menjadi menurun," ujar Gatot. 

3. Daging rajungan tetap jadi favorit di Amerika Serikat

Ekspor Menurun, Produk Perikanan Jateng Bakal Dikirim lewat Kargo Udarainstagram.com/mildarudiawati

Pihaknya juga mengatakan dalam rentang waktu 12-17 April 2021 nanti, terdapat 584 ton yang akan diekspor ke sejumlah negara. Volume ekspor sebanyak itu berasal dari 11 perusahaan penghasil daging rajungan, surimi hingga udang yang beroperasi di Jateng.

"Untuk komoditas daging rajungan jadi primadona di Amerika Serikat. Tapi kita minta kepatuhan dari pelaku usaha dapat ditingkatkan sehingga kualitas produknya dapat terjaga dengan baik," katanya. 

4. Ganjar: Ada kendala transportasi dan beberapa negara masih tertutup

Ekspor Menurun, Produk Perikanan Jateng Bakal Dikirim lewat Kargo UdaraGubernur Jateng Ganjar Pranowo memeriksa makanan kaleng yang akane diekspor ke Amerika Serikat. Dok Humas Pemprov Jateng

Sedangkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pelaksanaan ekspor merupakan penanda kebangkitan dari produk laut dan perikanan saat pandemik.

"Memang masih ada kendala transportasi dan beberapa negara masih tertutup, tapi ikhtiar ini dilakukan oleh pak Menteri Perikanan Kelautan supaya kita bisa bertahan, mudah-mudahan jadi semangat dan menginspirasi yang lain," tukasnya. 

Baca Juga: 2.376 Nelayan Pantai Selatan Jateng Puyeng Ekspor Benih Lobster Mandek

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya