Comscore Tracker

Kunjungi Pameran UMKM BJB, Gibran Ajak Bangkit Dari Pandemik  

Borong kerupuk dan produk UMKM lainnya

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka acara ‘BJB Sоlо Local Festival’ di Swiss-Bell Hotel Solo, Selasa (21/9/2021). Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan kontribusi mendorong pembinaan bagi UMKM.

Baca Juga: Nadiem dan Gibran Angkat-angkat Meja saat Tinjau PTM di Solo

1. Borong kerupuk produk Semanggi, Solo

Kunjungi Pameran UMKM BJB, Gibran Ajak Bangkit Dari Pandemik  Gibran Rakabuming hadiri pameran bjb Solo Local Festival. IDNTimes/Larasati Rey

Usai membuka acara Gibran juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa stand UMKM disana. Gibran juga terlihat berbelanja beberapa barang UMKM dengan menggunakan aplikasi QRIS, salah satunya kerupuk.

"Iya (tadi beli kerupuk). Setiap hari saya makan kerupuk itu," katanya.

"Tadi di saya lihat kerupuk saja packagingnya sudah sangat baik. Ada yang bisa digoreng sendiri atau dalam bentuk yang sudah jadi. Sudah tidak takut mlempem atau rusak atau pecah. Kita dukung lah UMKM di Kota Solo ini,” imbuhnya.

Gibran merasa senang, karena saat ini UMKM-UMKM di Kota Solo sudah semakin maju. Seperti yang dilihatnya, pengemasan kerupuk juga sudah sangat baik. Sehingga mempermudah pengiriman, baik ke dalam maupun ke luar kota.

2. Pembinaan UMKM menjadi salah satu fokus utama Pemkot Solo

Kunjungi Pameran UMKM BJB, Gibran Ajak Bangkit Dari Pandemik  Gibran Rakabuming hadiri pameran bjb Solo Local Festival. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran menambahkan pembinaan UMKM menjadi salah satu fokus utama bagi Pemerintah Kota Surakarta. Terutama UMKM yang bergerak di sektor non esensial yang benar-benar terpuruk selama PPKM. Ia juga mengajak pelaku UMKM untuk segera bangkit kembali, salah satunya dengan memanfaatkan beberapa fasilitas baik dari pemerintah maupun pihak swasta lainnya.

”Sudah saatnya kita bangkit kembali. Makanya dengan diberikan kredit UMKM dari bjb, ini sangat luar biasa. Kita berharap UMKM ini bisa survive dan sustain,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi bjb Solo Local Festival ini membuat UMKM menjadi naik kelas melalui pembinaan untuk cashless melalui transaksi QRIS. ”Mereka juga dibantu untuk memegang QRIS, ini bermanfaat untuk transaksi record dan cashless,” pungkasnya.

3. Dorong UMKM Solo untuk kembali bangkit

Kunjungi Pameran UMKM BJB, Gibran Ajak Bangkit Dari Pandemik  Gibran Rakabuming hadiri pameran bjb Solo Local Festival. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Direktur Utama Bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan pihaknya telah melakukan pembinaan bagi UMKM di Kota Solo. Salah satunya dengan adanya kegiatan bjb Solo Local Festival ini akan memberikan nilai yang berarti dan memberikan pencapaian sebagai bank daerah yang terbesar di Indonesia. Apalagi sinergi dari Pemerintah Kota Surakarta yang juga turut serta memberikan dorongan untuk membangkitkan UMKM.

”Kami juga ingin berpartisipasi dalam mewujudkan terciptanya kota Surakarta yang semakin berbudaya yang modern, gesit, kreatif dan sejahtera,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, bjb juga memberikan bantuan pembiayaan dengan total realisasi sebesar Rp555 juta kepada tiga Debitur UMKM. Pertama untuk Faturohman Kusumasmoro Pengusaha Batik di Serengan Solo, Debitur UMKM bank bjb Triyono Peternak Kambing (Pola Kemitraan Dengan PT. Agro Investama), Esti Mulyanti Perdagangan Ikan Asin Pasarlegi Solo.

Kegiatan dihadiri juga Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Surakarta Nugroho Joko Prastowo dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Eko Yunianto.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya