Comscore Tracker

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan 

Wajib dihindari, biar gak capek beresinnya 

Kolam renang menjadi menarik dan tampak lebih indah ketika kamu bisa menghiasinya dengan beberapa jenis tanaman. Gak tanggung-tanggung, kadang pohon yang rimbun dan berbunga lebat dipilih supaya kolam renang menjadi lebih hidup.

Gak ada salahnya sih, tapi pohon yang memiliki daun atau bunga yang cepat berguguran justru membuat kolam renang menjadi cepat kotor.

Sebelum terlanjur membeli tanaman buat penghias kolam, alangkah baiknya ketahui dulu beberapa jenis tanaman yang harus kamu hindari. Terutama jika ditanam berdekatan dengan kolam renang atau ruang lainnya yang seharusnya tetap bersih. Simak jenis-jenis tanamannya berikut ini.

1. Pohon Akasia 

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan ilustrasi pohon akasia (pixabay.com/@wikiimages-1897)

Untuk menambah nuansa subur dan rindang, biasanya tanaman akasia tak pernah lepas dari bagian taman. Selain bisa tumbuh besar dan rindah, tanaman ini juga bisa berbunga lebat. Walaupun sangat menarik, tapi harus kamu jauhkan dari kolam renang.

Bunga yang lebat serta berdaun kecil, bakalan dengan mudah berserakan ke sana kemari. Jika kamu gak ingin air kolam renang tampak keruh dengan guguran daun, jangan menanam pohon ini dekat dengan kolam. Tanamlah di halaman depan saja, yang mana tidak ada sumber air yang melimpah.

2. Pohon Bugenvil 

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan ilustrasi pohon bugenvil (unsplash.com/@pisauikan)

Walaupun termasuk tanaman yang mudah diatur dan bisa tumbuh hanya di pot, tapi tanaman bugenvil juga bakal buat kamu repot. Karena khas bunga yang ringan dan mudah berterbangan, bunga bugenvil dapat berserakan terbawa angin. Jika berdekatan dengan kolam renang, airlah yang jadi sasaran mendarat.

Tanaman berbunga cantik plus beraneka agam warna ini bisa kamu tanam sebagai penghias di halaman depan rumah saja. Tanamlah layaknya bonsai. Jangan biarkan dahan tumbuh tinggi, supaya bunganya tidak makin menyebar ke mana-mana.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Hias Sukulen agar Kamu Tidak Salah Beli!

3. Bunga Azalea 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan ilustrasi pohon azalea (unsplash.com/@lookinout)

Mirip dengan tanaman bugenvil, tanaman azalea juga punya dahan kuat disertai bunga yang ringan. Otomatis jika musim berbunga, rontokan bunga dan daun pun bakal menyebar kemanapun. Jangan tanam berdekatan dengan kolam, ya.

Tanaman azalea memang ampuh buat mempercerah suasana taman, tapi jangan letakkan dekat dengan ruang santai atau ruang beraktivitasmu. Menanam jenis tanaman ini pun jangan terlalu over atau terlalu banyak. Makin banyak akan makin besar pula pekerjaanmu untuk membereskan antah berantah bunga yang berguguran.

4. Dwarf Arborvitae 

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan ilustrasi cemara embun (unsplash.com/@yoksel)

Biasanya kamu menyebutnya sebagai cemara embun, karena daunnya yang hijau semu putih. Tampak indah dan mengagumkan, menambah nuansa sejuk di halaman. Pohon ini juga punya dedaunan yang tersusun mirip seperti susunan jarum.

Karena struktur yang lembut inilah yang bakal lahan tambah berserakan. Makin sulit kamu membereskan ketika gugurannya berjatuhan di kolam renang. Hindari banget tanaman ini untuk ditanam berdekatan dengan kolam.

5. Crape Myrtle

5 Tanaman yang Seharusnya Tidak Ditanam Dekat Kolam, Bikin Berantakan ilustrasi crape myrtle (pixabay.com/@maitedewu-2908555)

Tampak anggun dan mengagumkan, nuansanya jadi seperti di negara Jepang karena tanaman bunga crape myrtle mirip banget dengan bunga sakura. Kecantikan bunganya, bakalan jadi ikon di taman.

Tapi lain lagi misal tanaman ini digunakan sebagai penghias ruang di kolam renang. Yang ada, kamu bakal keteteran beresin daun dan bunga-bunga yang berjatuhan. Walaupun nambahin suasana indah dan rimbun, tapi hindari tanaman ini dekat dengan kolam ya.

Dari semua tanaman, memang tampak indah dan menambah suasana sejuk kolam renang. Tapi, lama kelamaan justru sebaliknya, malah bikin kolam renang kamu cepat berantakan. Boleh tetap ditanam, tapi jauhkan dari area kolam renang kamu, ya.

Baca Juga: 5 Tanaman Kecil yang Menenangkan Pikiran, Cocok Ditaruh di Kamar Tidur

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya