Comscore Tracker

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantah

Anak bisa tumbuh jadi sosok pendendam

Keluarga dan lingkungan adalah sekolah pertama bagi seorang anak. Dia akan belajar tentang pembentukan karakter dasar sebelum mulai mendapat pendidikan akademik di sekolah. Nah, ternyata enam pola asuh di bawah ini berpotensi bikin anak suka membantah lho. Seperti apa ya?

1. Menegur dengan membentak

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/Freepik

Mengasuh anak memang bukan pekerjaan mudah, apalagi usia di bawah lima tahun saat dia sedang aktif-aktifnya bergerak. Kadang si kecil sulit diberi tahu hingga menguras kesabaran orang tua, dan gak sadar keluar ucapan dengan nada membentak.

Sesekali gak ada salahnya, agar anak paham bahwa yang dilakukannya kurang tepat. Namun jika terlalu sering memberi teguran dengan membentak, bisa memancing emosi negatif dalam diri anak. Dia akan tumbuh menjadi anak yang suka membantah sebagai bentuk pertahanan diri.

2. Mengancam anak agar mau melakukan sesuatu

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/lenamay

Anak-anak kadang sulit diperintah. Wajar karena pola pikirnya sedang dalam tahap perkembangan, termasuk bagaimana dia mencerna instruksi dari orang lain.

Sebisa mungkin hindari mengancam anak agar dia mau melakukan sesuatu. Termasuk urusan sepele seperti, "Kalau kamu gak mau makan, berarti kita gak jadi jalan-jalan." Ancaman-ancaman seperti ini lambat laun bakal memunculkan hasrat ingin membantah pada diri anak.

3. Sering mengkritik atau menyalahkan

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/Freepik

Sikap orang tua yang sering menyalahkan dan mengkritik juga bisa membuat anak jadi suka membantah. Mungkin anak gak mengutarakannya langsung, tapi percayalah dalam hatinya dia juga kecewa.

4. Terlalu memanjakan

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/vh-studio

Orang tua mana sih yang gak ingin membahagiakan anaknya? Namun kadang tanpa sadar kebablasan, anak jadi terbiasa dimanja. Segala keinginannya harus dipenuhi, sulit diperintah, dan berbuat semaunya.

Sikap terlalu membelanya juga termasuk memanjakan. Biarkan sesekali dia mengakui kesalahan baik di hadapan orang lain maupun dirinya sendiri. Kalau dibiarkan bisa membentuk karakter suka membantah dalam dirinya lho.

5. Terlalu 'pelit', banyak menekan keinginan anak

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/user6697855

Sering memanjakan anak memang gak baik, tapi terlalu pelit pun punya dampak buruk. Namanya juga anak kecil, kadang dia merengek ingin punya mainan seperti milik temannya atau membeli jajanan yang ada di depan mata. Selama keinginannya gak berlebihan, sesekali ada baiknya dituruti.

Anak yang terlalu sering ditolak dan ditahan keinginannya bakal memberontak. Dalam hatinya bercampur rasa kecewa dan kesal. Kalau dibiarkan bisa membuatnya jadi suka membantah.

6. Sering mengekang si kecil

6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantahfreepik/Freepik

Demi keamanan dan keselamatan si kecil, orang tua kadang melarang anak melakukan sesuatu. Tapi harus bisa membedakan lho, sebab melarang dan mengekang sangat tipis perbedaannya.

Sesekali biarkan anak bebas menjajal aneka aktivitas, selama orang tua masih bisa memantau dari kejauhan. Anak yang terlalu dikekang bakal terkena banyak dampak negatif di kemudian hari. Mungkin dia akan tumbuh jadi sosok penakut, tertutup, atau malah suka membantah.

Bagi yang saat ini sudah berstatus orang tua, sharing yuk pola asuh seperti apa yang kamu terapkan untuk anak.

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya