Comscore Tracker

UNS Gelar Wisuda Luring Dengan Aksi Koreografi

Pelaksanaan wisuda di tengah pandemik COVID-19.

Solo, IDN Times - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar prosesi wisuda dengan cara yang berbeda. Dalam wisuda luring dan daring periode IV yang digelar di halaman Gedung Rektorat dr. Prakosa dan Auditorium G.P.H Haryo Mataram, Sabtu (15/8/2020).

Dalam acara wisuda tersebut UNS memadukan konsep seremoni dengan kreasi koreografi gerak tari bertemakan “Pemuda Berkarya Penggerak Indonesia Maju”.

Baca Juga: Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNS

1. Lakukan aksi koreografi sembari pakai toga wisuda

UNS Gelar Wisuda Luring Dengan Aksi KoreografiDok.Humas UNS

Dalam prosesi wisuda tersebut, UNS mengundang 17 wisudawan dari berbagai fakultas untuk membawa panji warna-warni bertuliskan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI). Mereka satu persatu beriringan berjalan dan melakukan koreografi sembari mengenakan toga wisuda.

Usai melakukan koreografi, mereka kemudian menaruh kembali bendera di samping panggung dan bergantian menunggu Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampirkan tali toga wisuda.

Aksi koreograsi tersebut juga disaksikan hadapan wisudawan dan keluarganya lainnya yang menyaksikan prosesi wisuda melalui Zoom Cloud Meeting dan kanal Youtube resmi UNS.

2. Aksi koreografi untuk peringati HUT ke-75 RI

UNS Gelar Wisuda Luring Dengan Aksi KoreografiDok.Humas UNS

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan pemilihan kreasi koreografi gerak tari ditujukan untuk menggelorakan semangat pemuda Indonesia sebagai motor penggerak bangsa menyambut HUT ke-75 RI pada 17 Agustus mendatang.

“Dengan kreasi koreografi gerak tari dengan tema ‘Pemuda Berkarya Penggerak Indonesia Maju’, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas ulang tahun kemerdekaan ke-75 RI . Semoga suasana kemeriahan dan keriuhan perayaan wisuda ini tetap bisa dirasakan kehangatannya oleh seluruh wisudawan dan keluarganya di tempat tinggal masing-masing,” ujarnya Sabtu (15/8/2020).

Dalam laporannya Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan terdapat 1.186 wisudawan yang diwisuda pada Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana, dan Diploma. Dari jumlah tersebut ada 745 wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

3. Gunakan konsep wisuda luring dan daring

UNS Gelar Wisuda Luring Dengan Aksi KoreografiDok.Humas UNS

Lebih lanjut, Jamal mengatakan pemilihan konsep wisuda luring dan daring untuk ketiga kalinya masih diterapkan UNS sebab pertambahan kasus positif Covid-19 di berbagai daerah masih cukup tinggi.

Ia menitipkan pesan agar wisudawan UNS yang telah dikukuhkan untuk mengutamakan keterbukaan, keberanian, dan kemauan dalam berjuang di tengah situasi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

“Tahun 2020 ini adalah tahun pembuktian bahwa sebenarnya saudara memiliki tingkat permulaan kecerdasan dan semangat yang tinggi, karena mampu menghadapi dua peristiwa penting sekaligus, yakni menuntaskan studi dengan hasil yang maksimal dan menjalani pola hidup baru yang tidak normal karena pandemi," pungkas Prof. Jamal.

Dalam wisuda luring dan daring periode IV ini turut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI, Dr. Zainudin Amali.

Baca Juga: Modal Rp75 Ribu! Dosen UNS Ciptakan APD Penangkal Virus Corona

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya