Comscore Tracker

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Pas

Pedasnya menyegarkan, lho!

Apa jadinya jika buah mangga muda dibuat lauk nasi? Jawabannya, tentu enak banget. Seperti makanan yang satu ini, pepes tongkol mangga muda. Rasa pedasnya menyegarkan,  karena dicampur dengan mangga muda.

Pasti kalian penasaran dengan resep ini, 'kan? Tenang saja, berikut penulis sajikan resep pepes tongkol mangga muda.  

Baca Juga: Resep Telur Dadar khas Padang yang Legit dan Bikin Nagih

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Pasilustrasi buah mangga muda (pexels.com/MESSALA CIULLA)

Bahan:

  • 5 biji ikan tongkol
  • 1 ons cabai merah
  • 1 genggam cabai rawit atau sesuai selera
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh terasi bubuk
  • 1 buah mangga muda
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1/2 sendok teh gula pasir

2. Parutlah buah mangga menjadi beberapa lembaran tipis

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Pasilustrasi memarut buah mangga (pexels.com/Eva Bronzini)

Kupas kulit buah mangga menggunakan pisau hingga bersih. Lalu, parutlah bagian dagingnya menjadi beberapa lembaran tipis sesuai selera.

Sementara itu, gepreklah tongkol dengan sedikit tekanan hingga gepeng. Lalu, haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi bubuk, dan asam jawa.

Campurkan bumbu halus ini dengan garam, kaldu jamur, dan gula pasir. Jangan lupa, siapkan daun pisang yang sudah bersih beserta tusuk lidi tajam, ya!

3. Bungkus tongkol beserta bumbu menggunakan daun pisang, ya!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Pasilustrasi membungkus tongkol dengan daun pisang (pixabay.com/sarunya)

Tak berhenti sampai di sana, iris tipis daun bawang sesuai selera. Campurkan daun bawang ini dengan bumbu halus tadi. Ambil sekitar 1 sendok makan bumbu halus dan campurkan dengan irisan buah mangga.

Hamparkan daun pisang dengan ukuran sesuai selera. Lalu, masukkan 1 sendok makan bumbu halus pada lapisan pertama.

Dilanjutkan dengan penambahan 1 sendok makan mangga muda dan 1 buah tongkol pada lapisan tengah. Tutupi kembali bagian atas dengan lapisan buah mangga dan bumbu halus.

4. Kukus adonan pepes tongkol selama 20 menit

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Pasilustrasi mengukus adonan pepes tongkol mangga muda (pixabay.com/scratsmacker)

Jangan lupa, tutup daun pisang tadi dan rekatkan masing-masing sisi menggunakan lidi. Lakukanlah hal yang sama hingga adonan habis. 

Sementara itu, masaklah air dalam panci kukusan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan adonan pepes tongkol di ruang atas panci. Kukus selama 20 menit hingga warna daun pisang berubah menjadi hijau tua.

5. Akhirnya, pepes tongkol mangga muda siap disajikan

Resep Pepes Tongkol Mangga Muda, Paduan Rasa Asam dan Pedasnya Passajian pepes tongkol mangga muda (instagram.com/almira.kxx)

Setelah 20 menit berlalu, segera angkat dan tiriskan. Diamkan sebentar hingga pepesan tadi dingin.

Jika sudah dingin, tinggal buka daunnya dan campurkan dengan nasi hangat. Pepes tongkol mangga muda buatanmu sudah siap disajikan.

Tunggu apa lagi, segera eksekusi sendiri resep pepes tongkol mangga muda. Pasti, kalian sudah terbayang rasa asam nan pedas masakan ini. Awas tahan ilernya, ya!

Baca Juga: Resep dan Tips Masak Nasi Kuning untuk Tumpeng Syukuran HUT RI

Lena Latipah Photo Community Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya