Survei Unisri Gibran Dibandingkan Dengan FX Hadi, Ini Hasilnya 

Gibran minta tak dibanding-bandingkan.

Surakarta, IDN Times - Kepemimpinan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dinilai lebih baik bila dibandingkan dengan Walikota Solo sebelumnya FX Hadi Rudyatmo (Rudy).

Hal tersebut berdasarkan rilis survei yang dikeluarkan oleh Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo. Hasil survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) tahun kedua Pemerintahan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka- Teguh Prakosa di tahun 2022.

Baca Juga: Nama Gibran Dijagokan Jadi Cagub DKI Jakarta oleh PDIP, Bareng Risma 

1. Presentase miliki jarak yang cukup signifikan.

Survei Unisri Gibran Dibandingkan Dengan FX Hadi, Ini Hasilnya Survei Unisri. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Prodi MAP Unisri Solo Suwardi, mengatakan jika disamping melakukan survei terkait indeks kepuasan masyarakat terhadap dua tahu kinerja Gibran-Teguh, tim nya juga melakukan survei terkait perbandingan kepemimpinan Gibran-Teguh dengan kepemimpinan pendahulunya, FX Hadi Rudyatmo yang berpasangan dengan Achmad Purnomo.

Dalam survei tersebut, kepemimpinan Gibran dan Teguh dinilai lebih baik dengan angka 76,80 persen. Sedangkan angka FX Rudy dan Achmad Purnomo dinilai hanya 12,30 persen.

"Saya sampaikan ke teman-teman, dosen ini pemikirannya agak liar. Sehingga kalau berpikir soal etis, itu sangat normatif. Makanya ini jadi dasar saya membandingkan kepemimpinan Mas Gibran dan Pak Rudy," kata Surwardi.

Pada bagian akhir survey kinerja pemerintahan dan wali kota, pertanyaan nomer 19 menanyakan perbandingan penilaian masyarakat antara wali kota sekarang (Gibran) dengan wali kota sebelumnya. Pertanyaan ini diajukan sebelum mengajukan pertanyaan tentang politik menjelang 2024.

"Hasil survey menunjukan bahwa Masyarakat menempatkan Wali Kota Gibran (sekarang) lebih baik (76,8%) jauh lebih banyak dibanding Wali Kota FX Hadi Rudiatmo (12,3%)," ungkapnya.

2. Gibran minta tak dibanding-bandingkan.

Survei Unisri Gibran Dibandingkan Dengan FX Hadi, Ini Hasilnya Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi hasil survei tersebut Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta untuk tidak membanding-banding. Menurutnya kepemimpinan Rudy-Poernomo dinilai lebih lama bila dibandingkan dengan dirinya yang baru dua tahun menjabat.

"Yo jangan dibanding-bandingke, yo ramungkin to aku isih lagi 2 tahun rung genep kok isoh angkane duwur banget," kata Gibran.

Gibran mengaku jika hasil kerjanya sekarang tak lepas dari program-program yang telah dicanangkan di masa kepemimpinan Rudy-Poernomo.

"Yang jelas pembangunan yang ada di Solo sekarang ini adalah kelanjutan program-program dari pak Rudy dan pak Purnomo ya. Dadi dudu programku dewe, endak. Aku gur nglanjutke tok," katanya.

3. Keberhasilan Gibran tak lepas dari nama Jokowi.

Survei Unisri Gibran Dibandingkan Dengan FX Hadi, Ini Hasilnya Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara ditemui terpisah, FX Rudy menanggapi santai akan nilainya yang hanya mendapat 12,30 persen dari masyarakat. Menurutnya, kinerja Gibran jauh lebih baik darinya lantaran latar belakang pendidikan dan pekerjaannya sebagai pengusaha.

"Yo Rapopo, wong itu nek koyo saya ini ngelenggono (tahu diri), artinya ya bedalah. Saya berangkat dari buruh, sekolahe cuma setengah mati (atau lulusan) STM (Sekolah Teknik Menengah) jadi tukang las, preman sisan. Jadi kalau Mas Gibran mendapatkan lebih baik itu ya wajar dan sekolahnya lebih tinggi ya. Kelulusan Singapura dan Australia lantas pengusaha, jadikan pikirannya lebih luas nek aku kan pikirannya cetek," ujarnya

Ia menilai, keberhasilan Gibran terlepas dari sosoknya sebagai putra presiden.

"Ndak, saya menilainya karena dia sekolahnya tinggi, pengusaha, jadi Sudah biasa memanajemen memanage perusahaan," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Beri Penilaian Kinerjanya 6,5. Masih Ada PR Sengketa Sriwedari

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya