23 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Masih Sepi Peminat, Yuk Daftar!

Mulai dari formasi dokter sampai pustakawan, lho

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memperpanjang waktu pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) hingga 26 Juli 2021. Dari 3.532 formasi jabatan yang dibuka, masih ada 23 formasi jabatan yang sepi peminat. 

1. PPKM Darurat jadi kendala bagi calon pendaftar ASN di Semarang

23 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Masih Sepi Peminat, Yuk Daftar!Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala BKPP Kota Semarang, Litani Satyawati mengatakan, perpanjangan waktu pendaftaran ini karena adanya pembatasan dan penyekatan selama PPKM Darurat, sehingga membuat masyarakat kesulitan dalam mengurus berkas.

‘’Seharusnya, hari Rabu (21/7/2021) sudah ditutup tapi diperpanjang sampai Senin (26/7/2021). Maka, perpanjangan waktu pendaftaran ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pendaftar untuk segera mendaftar,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (22/7/2021).

Litani menyebut ada 187 formasi jabatan yang dibuka. Yaitu 27 formasi tenaga kesehatan dan 161 formasi tenaga teknis. Seluruh jabatan tersebut tersebar di semua organisasi perangkat daerah (OPD) kecuali Disbudpar, DPMPTSP, Dinas Perikanan, dan Inspektorat.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK dan CPNS Boyolali Diperpanjang, Cek Formasi yang Masih Kosong

2. Sudah 17 ribu pendaftar yang mengisi formulir

23 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Masih Sepi Peminat, Yuk Daftar!Ilustrasi ujian komputer CPNS. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Hingga Kamis (22/7/2021). jumlah peserta calon ASN yang sudah mengisi formulir sebanyak 17 ribu peserta. Sebanyak 11.900 peserta sudah mendaftar dan memilih formasi.

Adapun, mayoritas pendaftar berasal dari dalam kota. Namun ada juga pendaftar dari luar Kota Semarang seperti Bandung, Jakarta hingga Sulawesi. 

‘’Peminat calon ASN di Pemkot Semarang sangat luar biasa. Semua formasi ada pendaftarnya dan tidak ada jabatan kosong. Kendati demikian, ada beberapa formasi yang sepi peminat atau masih sedikit pendaftarnya,’’ jelas Litani. 

Meski ramai pendaftar, sejumlah formasi diketahui masih sepi atau sedikit peminat. Yaitu pada tenaga teknis sebanyak 23 formasi. Jabatan itu diantaranya, ahli pertama arsiparis, instruktur, pekerja sosial, pengawas kemetrologian, pengendali dampak lingkungan. 

3. Berikut formasi yang masih sepi peminat

23 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Masih Sepi Peminat, Yuk Daftar!Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Kemudian, penggerak swadaya masyarakat, penyuluh perindustrian dan perdagangan, pranata komputer, pustakawan, surveyor pemetaan, teknik pengairan. Lalu, pengelola irigasi, pengelola media center dan kemitraan media, pengelola perpustakaan, pengelola situs web, penyusun laporan keuangan, pranata reproduksi arsip.

Selanjutnya, terampil arsiparis, operator sistem informasi administrasi kependudukan, pranata laboratorium pendidikan, dan pustakawan.

Selain itu, ada 15 formasi jabatan tenaga kesehatan yang masih sedikit peminat, yaitu ahli pertama apoteker, dokter gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, epidemiolog kesehatan, nutrisionis, penyuluh kesehatan masyarakat, perekam medis, pranata laboratorium kesehatan, sanitarian, teknisi elektromedis, terapis gigi dan mulut. Ada pula terampil nutrisionis, perekam medis, sanitarian, dan terapis gigi dan mulut yang masih sedikit peminat.

Bagi para peminat yang ingin mendaftar bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Seluruh dokumen juga diunggah pada situs web tersebut paling lambat Senin (26/7/2021), pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Formasi Lengkap CPNS 2021 Pemkab Kendal: Cari Banyak Guru Agama Islam

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya