Comscore Tracker

Lebaran Buka, Ribuan Turis Lokal Serbu Wisata Guci Tegal 

Pengunjung dites rapid antigen secara acak

Tegal, IDN Times - Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal dibuka pada Lebaran hari kedua, Jumat (16/5/2021). Ribuan pengunjung yang mayoritas warga lokal menyerbu wisata pemandian air panas itu meski dalam masa pandemik COVID-19.

1. Pengunjung Wisata Guci Tegal tembus 4.000-an orang saat Lebaran

Lebaran Buka, Ribuan Turis Lokal Serbu Wisata Guci Tegal Wisatawan lokal mengunjungi objek wisata Guci di Kabupaten Tegal saat Lebaran 2021. (dok. Pantura Post)

Tercatat ada 2.000 hingga 4.000-an turis lokal yang berdatangan dalam dua hari terakhir, Jumat (14/5/2021) dan Sabtu (15/5/2021). Mereka yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Tegal mulai mengantre dari pintu gerbang wisata pemandian air panas tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata Guci, Ahmad Abdul Khasib, pada Lebaran kedua pengunjung Guci lumayan ramai. Ada sekitar 2.044 pengunjung dewasa, 40 pengunjung anak. Sementara untuk kendaraan, roda dua ada 511 unit, roda empat ada 204 unit, dan roda enam ada 4 unit.

‘’Kemudian, di hari berikutnya Sabtu (15/5/2021), pengunjung mencapai 4.327 orang, 839 unit kendaraan roda dua, 466 unit kendaraan roda empat ada, dan enam unit kendaraan roda 6,’’ ungkapnya melansir Pantura Post, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga: Gara-gara Selfie, Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedung Ombo, 3 Raib

2. Pengunjung lokal mengantre sejak di pintu masuk objek wisata

Lebaran Buka, Ribuan Turis Lokal Serbu Wisata Guci Tegal Objek wisata pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal dipadati pengunjung saat Lebaran 2021. (dok. Pantura Post)

Meski buka saat Lebaran, pengelola mengaku tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai yang sudah diterapkan sebelumnya.

‘’Kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap pengunjung. Seperti mengimbau pengunjung untuk wajib memakai masker dan jaga jarak. Termasuk membatasi jumlah wisatawan pengunjung maksimal 3.000 orang. Pintu masuk objek wisata Guci pun sempat ditutup sementara selama satu jam. Karena jumlah pengunjung sudah sampai 3.000 pengunjung,” jelasnya.

Kebijakan larangan mudik dan masih adanya penyekatan, berdampak pada pengunjung dari luar kota. Dalam dua hari turis lokal dari Bumiayu, Brebes, Kota Tegal, Pemalang, dan Pekalongan mendominasi kunjungan.

3. Tes rapid antigen diberlakukan ke 26 orang secara acak

Lebaran Buka, Ribuan Turis Lokal Serbu Wisata Guci Tegal Wisatawan lokal dites rapid antigen saat mengunjungi objek wisata Guci di Kabupaten Tegal saat Lebaran 2021. (dok. Pantura Post)

Sementara untuk mencegah adanya klaster baru penyebaran COVID-19, sejumlah pengunjung menjalani tes rapid antigen. Pemeriksaan itu dilakukan oleh petugas gabungan dari Satgas Penanganan COVID-19, Satgas Banops, personil pospam, paramedis Puskesmas Bumijawa dan pengelola Wisata Guci.

“Kami tidak ingin ada klaster di objek wisata. Sehingga kami koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Tegal, pengelola Guci agar dapatnya dilakukan tes rapid test antigen di tempat wisata yang ada di Kabupaten Tegal,” kata Kasubbag Humas Polres Tegal, AKP Supratman mewakili Kapolres Tegal AKBP M Iqbal Simatupang.

Tes rapid antigen dilakukan secara acak kepada 26 pengunjung pada Sabtu (15/5/2021), dan hasilnya semua negatif.

Supratman meminta kepada pengelola Guci agar melakukan pembatasan jumlah pengunjung. Tujuannya, agar tidak terjadi kerumunan di dalam objek wisata. “Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 3.000 orang. Kalau sudah mencapai maka pintu masuk Guci ditutup,’’ tandasnya.

Baca Juga: Masih Pandemik COVID-19, 850 Turis Liburan Padati Goa Kreo Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya