Pemkot Semarang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Terdapat 2.354 TPS

Keamanan jadi tanggung jawab bersama

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Sebanyak 2.354 tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan untuk pesta demokrasi tersebut. 

1. Pemprov dan Pemprov gelar rapat koordinasi

Pemkot Semarang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Terdapat 2.354 TPSPetugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU Makassar memasang stiker saat melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Kelurahan Bulogading, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (30/6/2024). (ANTARA FOTO/Hasrul Said)

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, persiapan menyambut Pilkada serentak di Ibu Kota Jawa Tengah sudah dilakukan dengan matang.

"Baik di provinsi maupun kabupaten/kota harus siap semua," ujarnya seusai mengikuti Rapat Koordinasi Desk Pilkada dan Kondusifitas Wilayah di Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/7/2024).

Dalam rapat koordinasi tertutup itu, perempuan yang akrab disapa Ita ini menyampaikan mengenai persiapan-persiapan dan teknis keamanan di wilayahnya.

‘’Keamanan Pilkada serentak di Kota Semarang ini menjadi tanggung jawab bersama. Meski terkait keamanan menjadi tanggung jawab TNI-Polri, tapi seluruh elemen masyarakat harus mengawal supaya berjalan lancar,’’ katanya.

Baca Juga: Akar Rumput PDI Perjuangan Dukung Ita Maju Pilwakot Semarang 2024 

2. Pemkot Semarang siap laksanakan Pilkada serentak

Pemkot Semarang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Terdapat 2.354 TPSWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri Rakor Desk Pilkada di Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/7/2024). (Dok. Pemkot Semarang)

Pasalnya, gelaran lima tahunan tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kondusivitas dalam pilkada serentak adalah hal yang utama.

"Kita bersama-sama harus mengawal, monitoring, dan berkolaborasi. Karena meski keamanan ada di TNI Polri, tetapi Pemkot Semarang dan masyarakat pun menjadi bagian kelancaran, sukses pelaksanaan Pilkada serentak," tuturnya.

Untuk Kota Semarang, Pemkot siap menyambut pelaksanaan Pilkada serentak, November mendatang.

"InsyaAllah Kota Semarang siap semua, di sini juga sudah ada simulasi pengamanan dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng," kata Ita.

3. Pendaftaran calon kepala daerah mulai 27 Agustus 2024

Pemkot Semarang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Terdapat 2.354 TPSWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri Rakor Desk Pilkada di Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/7/2024). (Dok. Pemkot Semarang)

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, rapat koordinasi digelar jauh hari sebelum pendaftaran calon kepala daerah dibuka mulai 27 hingga 29 Agustus mendatang.

"Ini jauh-jauh hari sebelum pendaftaran untuk mengingatkan kabupaten/kota dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat," katanya.

Nana mengatakan, seluruh kepala daerah di Jateng harus memastikan kesiapan Pilkada serentak yang pertama digelar di Indonesia ini aman, lancar, dan kondusif.

"Partisipasi masyarakatnya harus tinggi, kondusifitas wilayah harus terjaga, tahapan pilkada berjalan baik, dan pelayanan sistem pemerintahan harus berjalan baik," tuturnya.

4. KPU siapkan 2.354 TPS

Pemkot Semarang Siap Gelar Pilkada Serentak 2024, Terdapat 2.354 TPSIlustrasi TPS Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Plt Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini menyampaikan, jumlah TPS disiapkan sebanyak 2.354 dan memiliki jumlah pantarlih sebanyak 4.673 personil.

“Harapannya seluruh warga Kota Semarang yang memiliki hak pilih, dapat memberikan hak politiknya secara nyaman di TPS, terutama kepada pemilih disabilitas yang membutuhkan asistensi sesuai kebutuhan khusus masing-masing saat di TPS, seperti template braille, dan fasilitas lain untuk menjamin aksesibilitas di tiap TPS,” katanya. 

Partisipasi aktif warga Kota Semarang dapat dilakukan dengan cara membuka https://cekdptonline.kpu.go.id/dan memasukkan 14 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing pemilih, atau secara langsung dapat berkoordinasi kepada PPS, PPK di kantor kelurahan kelurahan atau kecamatan. Pemilih juga dapat mengunjungi kantor KPU Kota Semarang yang berlokasi di Jalan Dr Cipto Nomor 115.

Baca Juga: Maju Pilwakot Semarang 2024, Wali Kota Petahana Ita PDKT ke PKS

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya