PLN Jateng Targetkan Bangun 19 SPKLU hingga Akhir Tahun 2022

18 kendaraan listrik ikuti touring dukung KTT G20 di Bali

Semarang, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY akan terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah tersebut. Hingga akhir tahun 2022 ditargetkan akan membangun 19 SPKLU. 

1. 10 SPKLU sudah beroperasi

PLN Jateng Targetkan Bangun 19 SPKLU hingga Akhir Tahun 2022Mobil listrik sedang mengisi ulang baterai di SPKLU PLN UID Jateng dan DIY, Rabu (21/7/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

General Manager PLN UID Jateng dan DIY, AB Wahyu Jatmiko mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menambah fasilitas kendaraan listrik melalui ketersediaan SPKLU. Adapun, di wilayah Jateng dan DIY saat ini sudah ada 10 SPKLU yang beroperasi dan tersebar di Kota Semarang, Surakarta, Yogyakarta dan Magelang.

“Saat ini ada 10 SPKLU yang beroperasi di titik strategis, seperti di Kantor PLN, rest area tol, serta tempat wisata Candi Prambanan dan Candi Borobudur,” ungkapnya di sela melepas rombongan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta- Bali 2022 di halaman kantor PLN UID Jateng dan DIY, Selasa (8/11/2022).

Pada bulan November ini tengah dibangun SPKLU di tiga titik, yakni berada di kantor PLN Semarang dan enam titik di bulan Desember. 

Baca Juga: Touring Jakarta-Bali Naik Mobil Listrik? Ini Tips Biar Aman dan Nyaman

2. Peserta touring kendaraan listrik tempuh 1.250 km

PLN Jateng Targetkan Bangun 19 SPKLU hingga Akhir Tahun 2022Rombongan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta- Bali 2022 singgah di kantor PLN UID Jateng dan DIY, Selasa (8/11/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

“Jadi, sampai akhir tahun nanti di Jateng dan DIY ada 19 titik SPKLU yang bisa dimanfaatkan para pengendara mobil listrik,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut ada 16 mobil listrik dan dua bus listrik yang mengikuti Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta—Bali 2022. Mereka menempuh jarak 1.250 kilometer dengan rute Jakarta – Cirebon – Semarang – Surakarta – Madiun – Surabaya – Jember – Banyuwangi – Nusa Dua Bali.

“Jadi, hari ini kami merasa senang karena teman-teman dari Kemenhub Jakarta melakukan aktivitas touring kendaraan listrik berbasis baterai dan singgah di Kota Semarang. Ini sekaligus bentuk sosialisasi kendaraan ramah lingkungan yang harus secara masif dilakukan, sekaligus mendukung KTT G20,” kata Wahyu. 

3. Tempuh perjalanan 4 hari untuk dukung KTT G20

PLN Jateng Targetkan Bangun 19 SPKLU hingga Akhir Tahun 2022Rombongan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta- Bali 2022 singgah di kantor PLN UID Jateng dan DIY, Selasa (8/11/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Salah satu peserta touring, Wilfrid Sahat Siregar mengatakan, pada masing-masing titik kota pemberhentian ia dan peserta lainnya memanfaatkan untuk melakukan pengisian baterai mobil. 

“Kami targetkan empat hari perjalanan untuk sampai di Bali. Kegiatan touring kendaraan listrik ini sekaligus untuk mendukung kegiatan KTT G20 yang berlangsung di Bali, dimana salah satu pointnya terkait transisi energi,” katanya. 

Baca Juga: Si Molis Wara-Wiri Bantu Jemput Rezeki, Bikin Senyum Ojol dan UKM Makin Berseri

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya