Comscore Tracker

Posko Pantau Lalin Siaga, Antisipasi Macet Libur Idul Adha di Semarang

Sebanyak 250 personel diterjunkan masjid-masjid

Semarang, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Semarang menyiapkan posko untuk memantau arus lalu lintas kendaraan di sejumlah titik rawan kemacetan saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Adapun, titik pantauan fokus di pusat keramaian antara lain Kawasan Masjid Besar Kauman, pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran dan tempat wisata di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.

1. Posko Induk berada tak jauh dari pusat oleh-oleh

Posko Pantau Lalin Siaga, Antisipasi Macet Libur Idul Adha di SemarangAnggota Dishub Kota Depok membantu mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Depok. (Dokumen Dishub Kota Depok)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, pihaknya akan menempatkan posko di pusat-pusat keramaian. Misalnya, posko induk akan ditempatkan di kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang di Jalan Pandanaran dan Posko Portable yang akan ditempatkan di ujung Jalan Kauman–Wahid Hasyim.

‘’Kami melihat tahun lalu titik keramaian ada di Masjid Besar Kauman karena di sana ada salat ied dan penyembelihan hewan kurban. Maka itu, kami akan menyiapkan personel Dishub untuk membantu kelancaran arus lalu lintas kendaraan di sekitar masjid,’’ ungkapnya, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Ini Aturan Berkurban Saat Idul Adha di Semarang, Antisipasi Virus PMK 

2. Jalanan Semearang akan padat

Posko Pantau Lalin Siaga, Antisipasi Macet Libur Idul Adha di SemarangPetugas Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun sedang memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor yang melintas di depan pos check point Nampu, Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pada momen tersebut Dishub Kota Semarang akan menerjunkan sekitar 250 petugas untuk ditempatkan di titik-titik keramaian aktivitas masyarakat. Selain itu, petugas kepolisian juga akan membantu mengatur arus lalu lintas. 

‘’Kami siagakan ratusan petugas karena Hari Idul Adha tahun ini jatuh di akhir pekan. Pasti jumlah kendaraan di jalan akan padat,’’ tuturnya. 

Sementara, selain di kawasan Masjid Agung Semarang dan pusat oleh-oleh, keramaian dimungkinkan juga terjadi di tempat wisata seperti Kota Lama. 

3. Pantau melalui ATCS Room

Posko Pantau Lalin Siaga, Antisipasi Macet Libur Idul Adha di SemarangIDN Times/Galih Persiana

Namun, untuk di titik-titik itu pihaknya akan tetap memantau pergerakan lalu lintas kendaraan di ATCS Room Kantor Dishub Semarang. 

‘’Jika mulai terjadi kepadatan arus lalu lintas kami akan segera mengambil langkah antisipasi. Namun, sambil menunggu langkah aksi, kami akan memantau situasi arus lalu lintas di simpang-simpang jalan protokol Kota Semarang selama 24 jam melalui ATCS Room,’’ tandas Endro. 

Baca Juga: 7 Jenis Sapi Potong Buat Kurban Hari Idul Adha, Cek Sebelum Membeli!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya