Comscore Tracker

Rob Tinggi, Tanggul di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jebol 

BPBD Semarang lakukan evakuasi tenaga kerja di pelabuhan

Semarang, IDN Times - Tanggul di Kawasan Industri Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol, Senin (23/5/2022). Kejadian itu disebabkan oleh air laut pasang atau rob yang tinggi.

1. Kejadian tanggul jebol beredar di media sosial

Kabar itu beredar di lini masa media sosial grup Facebook, MIK Semar, Senin (23/5/2022) siang. Salah satu warganet, Joe Anggoro mengirimkan video amatir dan menuliskan keterangan.

’’Tanggul jebol di kawasan berikat blok coaster Tanjung Emas. Saat ini level ketinggian air sudah mencapai pada 150 cm. Banyak motor karyawan pabrik sekitar yang hanyut. Semoga lekas mandali (aman terkendali),’’ tulisnya.

Baca Juga: Sepekan, 29 Keluarga di Semarang Terdampak Longsor hingga Banjir

2. Video amatir beredar para karyawan menerjang air rob

Rob Tinggi, Tanggul di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jebol Tanggul jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/bt/warganet MIK Semar)

Dalam sejumlah foto dan video, tampak karyawan di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas berhamburan keluar dari tempat kerja mereka untuk menyelamatkan diri. Mereka menuntun kendaraan di tengah luapan air rob yang menerjang. 

‘’Motorku dadi bebek tenan lur. Ngelangi muleh jam 3 nembe tekan omah (motorku jadi bebek. Berenang pulang jam 3 baru sampai rumah sekarang,’’ tutur warganet lain yang berkomentar di unggahan tersebut.

3. BPBD Semarang mengevakuasi dan kirim perahu karet

Rob Tinggi, Tanggul di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jebol Petugas mengevakuasi warga yang sakit menggunakan perahu karet saat terjadi banjir di Perumahan Bukit Cengkeh 2, Depok, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Saat dikonfirmasi, Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, lokasi kejadian berada di Tanggul laut Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

‘’Saat ini kami sedang melakukan evakuasi warga,’’ ungkapnya singkat saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (23/5/2022).

BPDB Kota Semarang segera mengirimkan perahu untuk evakuasi warga yang terdampak. Saat ini, ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

Baca Juga: Kota Semarang Diguyur Hujan Seharian, 7 Lokasi Langsung Banjir 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya