Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

Pemkab Boyolali siapkan tiga tempat isolasi pasien COVID-19

Boyolali, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Boyolali siapkan tempat tempat isolasi terpusat di Gedung PGRI Desa Karanggeneng di Jawa Tengah, untuk menampung warga orang tanpa gejala (OTG) dalam penanganan lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya.

Baca Juga: Sehari 20 Orang Meninggal, Kebutuhan Peti Mati di Boyolali Kritis

1.Gedung PGRI mampu tampung sebanyak 60 pasien

Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTGIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Gedung PGRI disiapkan sebagai lokasi isolasi bagi warga yang terpapar COVID-19 namun berstatus OTG. Bupati Boyolali M Said Hidayat menyebutkan gedung tersebut mampu menampung sebanyak 60 pasien.

"Gedung PGRI sudah disiapkan dan dapat menampung 60 pasien COVID-19 khusus OTG sebagai antisipasi lonjakan kasus tertular virus corona di Boyolali," kata Bupati Boyolali M Said Hidayat saat memantau persiapan tempat isolasi terpusat di Gedung PGRR Karanggeneng, Boyolali, Selasa.

2.Tempat isolasi dibuat senyaman mungkin untuk perawatan pasien

Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTGIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Boyolali, Masruri mengatakan gedung PGRI tersebut disiapkan khusus untuk menampung pasien OTG COVID-19, apabila terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif di wilayah ini.

"Kami persiapan tempat isolasi ini, dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan dapat memberikan satu kenyamanan bagi masyarakat yang menempati. Namun, kami berdoa semoga jangan sampai ada masyarakatnya yang menempati untuk isolasi," kata Bupati M Said.

3. Bekas kantor PDAM disulap jadi lokasi isolasi

Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTGIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain gedung PGRI, Pemkab Boyolali juga mempersiapkan bekas kantor Perumda Air Minum Tirta Ampera di kampung Surowedanan, Kecamatan Boyolali yang akan difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat dengan kapasitas sekitar 60 pasien.

Tak hanya itu Pemkab Boyolali juga telah menyiapkan Bungalow Selo untuk digunakan sebagai tempat isolasi terpusat khusus warga Kecamatan Selo. Hotel milik Pemkab Boyolali ini berkapasitas 34 hingga 40 tempat tidur yang sudah dilengkapi fasilitas untuk pasien OTG.

4. Bungalow dilengkapi dengan fasilitas olahraga

Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTGinstagram.com/marcelinusagung

Menurut Sekda Pemkab Boyolali Masruri di Bungalow Selo yang digunakan isolasi terpusat warga lereng Gunung Merbabu dan Merapi tersebut setiap kamar sudah ada kamar mandi dalam masing-masing.

Bahkan, kata Masruri, pasien yang diisolasi jika hendak berjemur dan olahraga pagi tempatnya sangat luas sehingga terasa nyaman dan aman.

'Warga khusus OTG COVID-19 yang bergejala kami arahkan ke rumah sakit. Sedangkan, warga OTG bisa di tempat isolasi terpusat di tiga tempat itu, atau dikirim ke isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan," kata Masruri.

5. Jadi tempat isolasi terpusat di Kecamatan Selo

Gedung PGRI Hingga Bungalow di Boyolali Jadi Tempat Isolasi Pasien OTGGoogle

Kepala Polsek Selo Iptu Maryanto menjelaskan tempat isolasi terpusat di Bungalow Selo kini dalam tahap persiapan dan segera mungkin akan digunakan warga untuk isolasi mandiri.

"Rencana Bungalow Selo ini, untuk menampung masyarakat yang isolasi mandiri, karena rumahnya sempit atau khawatir membahayakan lingkungannya maka dilaksanakan isolasi terpusat di Bungalow ini," katanya.

Baca Juga: Lonjakan COVID-19 di Boyolali, Sehari Tambah 241 Kasus Positif 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya