PDIP Gotong Royong Biayai Billboard Kepak Sayap, Puan Ketawa-ketawa

Billboard Puan Kepak Sayap dipasang sampai 15 September 2021

Semarang, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto angkat bicara soal kabar banyaknya papan iklan (billboard) Ketua DPR RI, Puan Maharani yang viral dan ramai menjadi sorotan. Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menyebut, pemasangan billboard merupakan keputusan rapat Fraksi PDIP DPR RI.

“Ini keputusan fraksi. Ngobrolnya (rapat) di lantai 7 DPR RI. Semula dari spontanitas anggota (fraksi) kemudian dikoordinir pimpinan fraksi. Supaya punya dampak, pemasangannya harus serentak,” ujar Bambang Pacul dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (6/8/2021).

1. Puan ketawa atas usulan anggota Fraksi PDIP DPR RI

PDIP Gotong Royong Biayai Billboard Kepak Sayap, Puan Ketawa-ketawaTwitter.com/DPD_PDIP_JATENG

Bambang menjelaskan, rapat tersebut digelar pada Juni 2021 lalu saat peringatan Bulan Bung Karno. Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan para anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI berkumpul dan bebas mengeluarkan ide. Hal itu sebagai bentuk kebebasan berpendapat.

“Ada kebebasan berpendapat di PDI Perjuangan ketika sudah ngobrol di lantai 7, bebas. Ide gila pun dibiarkan. Juni 2021 saat Bulan Bung Karno, kan kita punya cucu Presiden yang jadi Ketua DPR RI, kok gak kita angkat ini,” ungkapnya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu.

Pemasangan billboard bagi Bambang merupakan bentuk ekspresi kegembiraan lantaran Puan Maharani adalah sosok perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR dari 23 Ketua DPR dalam sejarah Indonesia. Ihwal pemasangan, juga sudah disampaikan kepada Puan secara langsung.

“Mbak Puan ketawa-ketawa saja,” tandas Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng tersebut.

Baca Juga: Akui Gak Ada Konflik, Ganjar: Saat Saya Ketemu Megawati juga Ada Puan 

2. Pembiayaan billboard Puan Kepak Sayap adalah gotong royong

PDIP Gotong Royong Biayai Billboard Kepak Sayap, Puan Ketawa-ketawaBaliho Ketua DPR Puan Maharani di Bogor. (IDN Times/Sunariyah)

Bambang menyatakan billboard dipasang oleh anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Sementara dapil yang tidak menyumbang atau memiliki kursi DPR RI, billboard dipasang oleh pengurus DPD dan anggota fraksi setempat.

“Yaitu di Sumbar I, Sumbar II, Aceh I, Aceh II, Gorontalo, dan NTB 2 dipasang oleh DPD dan Fraksi PDI Perjuangan setempat. Berapa total jumlah yang dipasang belum ada laporan, karena setiap anggota dewan tidak dibatasi harus pasang sekian. Ini pembiayaannya gotong royong,” ujar Bambang yang asli Sukoharjo, Jawa Tengah itu.

3. Bambang persilakan jika dipersepsikan macam-macam

PDIP Gotong Royong Biayai Billboard Kepak Sayap, Puan Ketawa-ketawaKetua DPP PDIP Puan Maharani usai rakor di markas PDIP Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Bambang mengatakan, billboard bergambar Puan Maharani yang bertuliskan Kepak Sayap Kebhinnekaan tersebut rencananya akan dipasang selama dua bulan, mulai 15 Juli hingga 15 September 2021. Bahkan bisa jadi akan terpasang sampai tiga bulan.

“Sebab di lapangan ada (penyewaan billboard) yang tidak mau memberi diskon biaya, tapi diberi tambahan waktu pemasangan,” jelasnya.

Ditanya soal anggapan pemasangan billboard dan baliho Puan Maharani sebagai upaya meningkatkan popularitas menuju Pilpres 2024, Bambang mempersilakan setiap orang memiliki persepsi tersebut.

“Ini lebih ke internal. Soal capres dan cawapres clear kewenangan Ketua Umum. Dibilang (persiapan) 2024, persepsi orang siapa yang melarang? Pikiran dan perasaan tidak bisa dipenjara. Mau dibilang mau nyapres monggo, mau sebagai bentuk kegembiraan sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama ya monggo,” tandas Bambang.

Baca Juga: Kritik Wapres dan Puan, Instagram BEM KM Unnes Diretas, Ini Kronologinya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya