Comscore Tracker

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di Semarang

Hewan kesayanganmu sudah vaksin belum?

Semarang, IDN Times - Peringatan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day dilakukan tepat tanggal 28 September setiap tahunnya. Di tahun 2021, para pecinta satwa di Jawa Tengah berkesempatan mengikuti serangkaian kegiatan pemberian vaksin rabies bagi hewan piaraannya untuk memperingati hari tersebut.

Kegiatan yang diinisiasi oleh para dokter hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng itu rupanya mampu menarik minat masyarakat pada Minggu (26/9/2021).

Bertempat di pelataran Balaikota Semarang, ada ratusan hewan piaraan yang disuntik vaksin rabies. Ketua PHDI Jateng I, Drh Theresia Anna Ekawati menyampaikan penyuntikan vaksin dimanfaatkan untuk membantu pemerintah mencegah sebaran penyakif rabies yang bisa menjangkiti hewan piaraan.

"Rabies termasuk penyakit zoonosis, yaitu penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. Maka saat hari rabies, kita sediakan 1.650 dosis vaksin yang disuntikan kepada berbagai satwa," kata Drh Anna, sapaan akrabnya.

Nah, kepengin lihat gimana vaksinasi rabies buat sejumlah hewan yang dipelihara warga Semarang? Simak penampakannya berikut ini.

1. Tak kurang 252 anjing, musang, dan kucing di Semarang yang divaksinasi rabies

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangSeekor kucing dengan santainya disuntik vaksin rabies di Balaikota Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

Baca Juga: Dear Warga Salatiga, Ini Syarat Hewan yang Dapat Vaksin Rabies Gratis

2. Selain warga Kota Semarang, vaksin rabies juga menyasar mereka pecinta satwa dari Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kendal dan Grobogan

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangSeekor kucing diperiksa giginya sebelum disuntik rabies di Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

3. Seekor anjing herder milik Satpol PP gak mau ketinggalan ikut divaksinasi rabies

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangSeekor herder dikeluarkan dari mobil Satpol PP untuk menjalani vaksin rabies di Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

4. Tampak seekor anjing disuntik di dalam mobil pemiliknya

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangDua orang memegangi anjing yang disuntik vaksin rabies di Balaikota Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

5. Sambil digendong dan dipeluk pemiliknya, musang ini ikut vaksin rabies

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangSeekor musang bertubuh tambun menjalani vaksin rabies di Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

6. Pemberian vaksin rabies dilakukan dengan cara drive thru

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangVaksin rabies drive thru digelar seharian di Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

7. Pemilik hewan diberi 3 pilihan jam datang, jam 09.00--10.00 WIB, jam 10.00--11.00 WIB, dan jam 11.00--12.00 WIB

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangVaksinasi drive thru juga menyasar anjing piaraan Satpol PP Semarang. (Dok Humas Polda Jateng)

8. Untuk hindari kerumunan, para dokter hewan buka layanan pendaftaran vaksin rabies online

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangDokter hewan saat menyuntikan vaksin rabies ke tubuh anjing milik Satpol PP. (Dok Humas Polda Jateng)

Baca Juga: Jateng Siapkan 3.000 Dosis Vaksinasi Anjing, Antisipasi Rabies

9. Setiap pendaftar juga harus scan barcode sekaligus ngisi G-form di Balaikota Semarang

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di Semarangpexels.com/@pixabay

10. Para pemilik hewan berharap supaya pemberian vaksin rabies bisa dilakukan saban tahun di Semarang

10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di SemarangSeorang pemilik hewan membawa satwanya dengan naik motor untuk diberi vaksin rabies. (Dok Humas Polda Jateng)

Buat kalian yang punya hewan kesayangan di rumah, buruan ikutan vaksin rabies. Karena masih dibuka sampai Selasa (28/9/2021). Di samping aman, pemberian vaksin juga bisa mencegah penularan penyakit berbahaya, lho. Yuk!

Baca Juga: Siap Dilepasliarkan, Samson dan Boboi Dipastikan Bebas TBC dan Rabies

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya