Akhir Tahun, 674 Wisata Jateng Dibuka, Ganjar: Perketat Pengawasan

Ganjar minta Satpol PP patroli

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan jajarannya untuk memperketat pengawasan di tempat wisata yang dibuka saat libur tahun baru nanti. Ganjar menegaskan pengawasan ketat bisa dilakukan dengan mengandalkan kekuatan Satpol PP dengan berpatroli keliling.

"Seminggu ini kita harus siaga penuh. Pariwisata kita kontrol, Satpol PP kita minta keliling supaya terus mengingatkan," kata Ganjar, Selasa (28/12/2021).

1. Ganjar minta rombongan anak sekolah yang liburan ke obyek wisata diawasi

Akhir Tahun, 674 Wisata Jateng Dibuka, Ganjar: Perketat PengawasanIDN Times/Galih Persiana

Menurutnya pengawasan mesti difokuskan pada kawasan tempat wisata unggulan tiap daerah mengingat adanya potensi kunjungan dari anak-anak sekolah. Seperti diketahui, anak sekolah saat ini telah memasuki masa liburan akhir tahun.

Lebih lanjut, Ganjar bilang seluruh kabupaten/kota mesti memberi pengawasan khusus yang mengacu pada Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 60 Tahun 2021.

Pada aturan Inmendagri, katanya juga ada aturan baru mengenai proses testing, tracing dan sejenisnya.

"Sekarang yang harus diawasi tempat-tempat wisata, karena anak-anak libur sekolah dan diprediksi mereka kemungkinan akan ramai-ramai ke wisata. Sebaiknya pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan ketat," ungkapnya.

2. Ganjar: Kalau kapasitas berlebih segera tutup

Akhir Tahun, 674 Wisata Jateng Dibuka, Ganjar: Perketat PengawasanDok Eksplore Wisata

Lebih jauh lagi, para pengelola obyek wisata juga diminta menerapkan protokol kesehatan. "Inmendagri sudah ada, kapasitasnya sudah diatur dan tolong dipatuhi prokesnya. Kalau kapasitas berlebih, segera tahan atau tutup sementara sampai jam tertentu. Kita akan lakukan kontrol dengan dinas terkait. Dan kalau ada yang tidak sesuai, akan kita tutup," paparnya.

3. Sekda Jateng akui ada 674 obyek wisata yang dibuka saat tahun baru

Akhir Tahun, 674 Wisata Jateng Dibuka, Ganjar: Perketat PengawasanANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Terpisah, Sekda Jateng, Sumarno menyebutkan total ada 690 destinasi wisata di Jawa Tengah dan ada sebanyak 674 obyek wisata yang bisa dikunjungi selama momentum libur tahun baru nanti.

"Sementara hanya ada 16 destinasi wisata yang akan tutup. Maka prokes harus benar-benar ketat. Pastikan semua pengunjung menggunakan masker dan masuk menggunakan aplikasi peduli lindungi," cetusnya.

Baca Juga: Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya