Comscore Tracker

Curi Ponsel Pemudik, Pelaku Digerebek di Gerbong KA

KAI fokus tingkatkan kenyamanan penumpang kereta

Semarang, IDN Times - Hari terakhir arus balik Lebaran di Semarang diwarnai aksi pencurian handphone di dalam Stasiun Semarang Tawang. Pencurian tersebut terbongkar berkat laporan dari seorang penumpang kereta yang sedang berada di tersebut pada 07.00 WIB pagi. Pelaku dibekuk di gerbong KA.

1. Handphone penumpang kereta dicolong saat dicharger di hall stasiun

Curi Ponsel Pemudik, Pelaku Digerebek di Gerbong KAIDN Times/Holy Kartika

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Stasiun Pasar Senen Dipadati Kedatangan Pemudik

Seorang penumpang kereta yang bernama Herlinda Effendi semula baru saja menempuh perjalanan naik kereta Argo Sindoro tiba di Stasiun Tawang. Setibanya di hall stasiun, ia sempat tertidur sembari menge-charger handphone kesayangannya. Namun apesnya saat terbangun, ia mendapati handphone-nya telah raib.

Sontak mendapati hal tersebut, ia yang panik kemudian bergegas melapor kepada petugas penjaga Stasiun Tawang untuk meminta tolong melacak keberadaan handphone-nya.

"Kami lalu berkoordinasi dengan tim Polsuska untuk menyelidiki kasus tersebut. Kita memutuskan melihat rekaman CCTV yang terpasang di semua area stasiun. Dan terekam kamera ada seorang pria bertubuh sedang yang terlihat mengambil handphone milik penumpang kereta di Tawang," kata Manajer Humas KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (11/6).

2. Pelaku diringkus dalam perjalanan menuju Surabaya

Curi Ponsel Pemudik, Pelaku Digerebek di Gerbong KAIDN Times/istimewa

Kris bilang pelaku terdeteksi berinsial MW terpantau kabur naik KA Sembrani Ekstra. Pihaknya kemudian memerintahkan petugas Polsuska untuk mengejar pelaku.

"Kita coba kerjasama sama petugas yang ada di dalam Kereta Sembrani. Supaya pelakunya dapat disergap di dalam gerbong. Tidak lama setelah menelusuri gerbong per gerbong, pelakunya bisa kita amankan," tuturnya.

Baca Juga: Tiket Pesawat, PT KAI: Pemudik Beralih Naik Kereta Api

3. Pelaku kemudian diturunkan paksa di Cepu

Curi Ponsel Pemudik, Pelaku Digerebek di Gerbong KADok. IDN Times/Istimewa

Ia mengungkapkan pelaku lalu diturunkan paksa di Stasiun Cepu untuk digelandang kembali ke Tawang. "Kita bawa dia pakai Kereta Sembrani Lebaran relasi Surabaya Pasarturi- Gambir untuk diserahkan ke pihak Polsek Semarang Utara biar dapat diproses lebih lanjut," bebernya.

Agar kejadian serupa tak terulang lagi, ia menyarankan kepada para penumpang kereta untuk mewaspadai situasi dimana pun berada saat pergi naik kereta api. Lebih baik, katanya penumpang menjaga keselamatan serta barang bawaannya.

"Kami seluruh petugas kereta api khususnya di wilayah Daop 4 Semarang selalu siap melayani penumpang KA dalam bepergian. Di area stasiun dan di dalam kereta, kami sudah pasang CCTV. Sehingga semua kejadian yang terjadi dapat terlacak dan pelakunya dapat ditindak tegas termasuk mengantisipasi pencurian di area stasiun," tutur Kris.

Baca Juga: Penumpang Kereta pada Angkutan Lebaran 2019 Naik 10 Persen

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You