Hari Pertama Vaksinasi di Semarang, Puskesmas, RS Giliran Ambil Vaksin

Proses vaksinasi dimulai bertahap

Semarang, IDN Times - Tahap pertama proses vaksinasi COVID-19 hari ini, Kamis (14/1/2021), dimulai di Kota Semarang. Sejumlah puskesmas dan rumah sakit yang dipilih menjadi fasilitas layanan vaksinasi hari ini, berdatangan mengambil vaksin Sinovac di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang. 

Berlokasi di Jalan Seteran Utara II, Kecamatan Semarang Tengah, satu persatu petugas rumah sakit dan puskesmas datang dengan naik mobil ambulans. Setiap proses pengambilan vaksin Sinovac dikawal ketat aparat kepolisian dari Polsek Semarang Tengah. 

Salah satu yang tampak mengambil vaksin adalah pihak Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip. Petugas RSND tiba di gudang instalasi farmasi pukul 10.00 pagi. 

 

1. RS Diponegoro Undip ambil 200 fiyel vaksin Sinovac. 30 nakes akan divaksinasi hari ini

Hari Pertama Vaksinasi di Semarang, Puskesmas, RS Giliran Ambil VaksinPetugas farmasi RSND Undip saat mengambil vaksin Sinovac yang disimpan di wadah pendingin. IDN Times/Fariz Fardianto

Agustiningrum, Petugas Instalasi Farmasi RSND mengaku dirinya kebagian tugas mengambil 200 fiyel vaksin yang dipakai untuk 100 tenaga kesehatan (nakes) yang ada di rumah sakitnya. 

"Kita sekarang mengambil 200 fiyel untuk 100 nakes di rumah sakit kami. Hari ini yang akan divaksin ada 30 nakes. Jadi setiap hari akan ada 30 nakes yang divaksinasi," ungkapnya.

Ia menjelaskan dengan jumlah dosis yang diambil saat ini, maka penggunaan vaksin mencukupi untuk tiga hari ke depan. "Berarti nanti untuk tiga hari ke depan sekitar Sabtu atau Senin," ujarnya. 

Baca Juga: Niat Wali Kota Semarang Ikut Vaksinasi COVID-19 Ditolak, Ini Alasannya

2. Proses vaksinasi sesuai jadwal yang dikirim via SMS

Hari Pertama Vaksinasi di Semarang, Puskesmas, RS Giliran Ambil VaksinPetugas instalasi farmasi Dinkes Kota Semarang mendistribusikan vaksin Sinovac. IDN Times/Fariz Fardianto

Pihaknya mengungkapkan proses pengambilan vaksin sejauh ini berjalan lancar. Seluruh fasilitas perlengkapannya sudah disiapkan oleh pihak gudang instalasi farmasi Dinkes. 

Menurutnya proses vaksinasi di RSND telah terjadwal secara online. "Nakes kita ada 260. Tapi yang divaksin 100 dulu. Sementara ini pengambilan vaksinnya tidak menemui hambatan sama sekali, karena sudah difasilitasi semua oleh instalasi farmasi Dinkes," tambahnya.

"Nakes yang hari ini divaksinasi sudah terdaftar online. Jadi nanti datangnya sesuai jadwal yang dikirimkan melalui SMS. Dan ada juga mekanisme sendiri dari rumah sakit kita," bebernya. 

3. Jumlah nakes yang divaksinasi masih sedikit

Hari Pertama Vaksinasi di Semarang, Puskesmas, RS Giliran Ambil VaksinPetugas Puskesmas Gayamsari saat ambil vaksin Sinovac. IDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan, Amalia, seorang petugas farmasi Puskesmas Gayamsari mengaku telah mengambil 62 fiyel vaksin yang diperuntukan bagi 62 nakes. "Hari ini yang divaksin enam orang dulu," kata Amalia. 

Selain itu juga tampak petugas RS Panti Wilasa dan beberapa puskesmas lainnya mengambil vaksin sejak pagi hari. "Kita belum tahu ada berapa yang divaksin mas. Soalnya masih antre ambil vaksin di gudang farmasi Dinkes," aku Kepala Puskesmas Bugangan, Samsudin. 

Baca Juga: Termasuk Ganjar, Inilah 11 Orang Disuntik Vaksin di RS Tugu Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya