Mimpi Pemain E-Gamelan Udinus Tampil di Jepang Buyar Karena COVID-19

Awalnya 40 orang akan berangkat ke Jepang

Semarang, IDN Times - Para pemain musik elektronik gamelan Universitas Dian Nuswantoro (E-Gamelanku) terpaksa mengubur impiannya untuk tampil di Negeri Sakura Jepang. Pasalnya, penampilan mereka harus ditunda untuk sementara waktu karena pemerintah Jepang sedang membatasi kunjungan warga asing untuk menyikapi maraknyaw wabah virus Corona. 

Dalam laman resminya yang dinukil IDN Times, Kamis (12/3) disebutkan awalnya para pemain E-Gamelanku dijadwalkan tampil sebanyak 40 orang.

1. Udinus dukung penuh penundaan dari Jepang

Mimpi Pemain E-Gamelan Udinus Tampil di Jepang Buyar Karena COVID-19(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Sukma Shakti

Rektor Udinus, Prof. Edi Noersasongko, memutuskan untuk menerima penundaan langsung dari pemerintah Jepang. 

"Rencana awalnya E-gamelanku akan memberangkatkan sekitar 40 orang. Udinus mendukung penuh penundaan ini dan menaati aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang," ungkapnya. 

Baca Juga: Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah Daring

2. E-Gamelanku sempat tampil di UNESCO tahun 2018

Mimpi Pemain E-Gamelan Udinus Tampil di Jepang Buyar Karena COVID-19Penampilan E-Gamelanku beberaap waktu lalu. Dok Udinus

E-Gamelanku, ujarnya jadi salah satu aplikasi gamelan elektronik yang dapat dimainkan dengan gawai. Menurut rektor E-Gamelanku berulang kali tampil di luar negeri. 

Bahkan juga sempat jadi delegate seni untuk Indonesia dengan tampil di UNESCO di Paris Perancis 2018 silam. 

3. Mahasiswa dan dosen Udinus dilarang melancong ke luar negeri

Mimpi Pemain E-Gamelan Udinus Tampil di Jepang Buyar Karena COVID-19Suasana parkir di Gedung B Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Ia bilang penundaan tersebut diberlakukan hingga batas yang tak ditentukan. Atas kondisi ini, kampusnya pun menerapkan larangan serupa. Yaitu sementara waktu melarang para mahasiswa dan dosennya untuk berpergian ke luar negeri. 

"Kami juga sediakan hand sanitizer di beberapa titik di Udinus. Seluruh civitas akademika Udinus bisa menggunakannya," pungkasnya. 

Baca Juga: Anak Muda Solo Antusias Sambut International Gamelan Festival 2018

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya