Overload! 18 Gembong Narkoba di Lapas Kedungpane Dikirim ke Nusakambangan

Pemindahan napi untuk memberantas jaringan narkoba

Semarang, IDN Times - Sebanyak 18 narapidana kasus narkotika yang selama ini mendekam di sel penjara Lapas Kelas IA Kedungpane Ngaliyan Semarang, dipindahkan ke Lapas II A Narkotika, Nusakambangan Cilacap. 

Proses pemindahan juga dilakukan terhadap 9 narapidana Lapas Kedungpane ke Lapas Besi Nusakambangan serta 16 narapidana ke Lapas Karanganyar Nusakambangan.

1. Total ada 43 napi yang dipindahkan ke Pulau Nusakambangan

Overload! 18 Gembong Narkoba di Lapas Kedungpane Dikirim ke NusakambanganSejumlah napi Kedungpane saat dimasukan ke kapal yang menuju ke Pulau Nusakambangan Cilacap. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane, Dadi Mulyadi mengungkapkan pemindahan para narapidana tersebut guna mengurangi keterisian penghuni lapasnya mengingat saat ini sudah overload. 

"Kita lakukan upaya redistribusi terhadap 43 narapidana ke sejumlah lapas di Nusakambangan yang meliputi 9 narapidana ke Lapas Besi, 18 narapidana narkoba ke Lapas Narkotika dan 16 narapidana ke Lapas Karanganyar. Tahap pemindahan napi dilakukan Kamis (7/1/2021) jam 23.45 malah dengan memakai satu bus besar. Ini sudah sesuai standar operasional prosedur," kata Dadi, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga: Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta Bertaubat

2. Napi dan tahanan yang mendekam di Lapas Kedungpane kini mencapai 1.760 orang

Overload! 18 Gembong Narkoba di Lapas Kedungpane Dikirim ke NusakambanganIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, ia menyatakan pemindahan 43 narapidana tersebut dikawal ketat oleh aparat gabungan dari lapasnya serta ditambah kekuatan dari dua personel Polsek Ngaliyan dan TNI.

Ia menyampaikan bila saat ini kondisi Lapas Kedungpane yang sudah overload sangat rawan disusupi jaringan perdagangan narkoba. Ia menyebut kapasitas hunian lapasnya yang idealnya cuma bisa menampung 663 orang. Per bulan ini justru menampung 1.760 orang.

"Penghuni lapas kita ada yang dari napi-napi kiriman luar kota. Ada juga tahanan titipan yang sedang punya perkara di Semarang," ungkapnya.

3. Kalapas Kedungpane sedang berusaha memutus jaringan narkoba

Overload! 18 Gembong Narkoba di Lapas Kedungpane Dikirim ke NusakambanganSejumlah napi Kedungpane saat didata ulang oleh petugas keamanan. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Saking overloadnya, katanya saat ini terdapat 13 petugas keamanan yang standby di setiap jadwal regu jaga. Ia bilang kekuatan personelnya sangat tidak seimbang bila ditilik dari jumlah narapidana yang ada saat ini. 

"Namun dengan segala keterbatasan jumlah petugas, kita komitmen tetap selalu semangat melaksanakan pekerjaan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada narapidana," ujar Dadi.

Lebih jauh lagi, ia mengaku pemindahan narapidana juga sudah mengacu pada surat perintah Kepala Kantor Kemenkumham Jateng yang mengatur tentang pemindahan narapidana dalam rangka pembinaan, keamanan sekaligus mengurangi over kapasitas.

"Kita pindahkan napi-napi ini supaya bisa memutus mata rantai jaringan narkoba yang dilakukan antar narapidana," ucapnya.

Baca Juga: Oknum Jaksa di Semarang Pasok Pil Koplo ke Napi Lapas Kedungpane 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya