Sesak Napas, Kadivpas Kemenkumham Jateng Meninggal Saat Isolasi

Kadivpas Kemenkumham Jateng meninggal di RS Roemani

Semarang, IDN Times - Kabar duka menyelimuti kantor wilayah Kemenkumham Jawa Tengah. Seorang pejabatnya yang menjadi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jateng, Syafar Pudji Rochmadi meninggal dunia setelah hampir sepekan berjuang melawan infeksi virus Corona.

1. Selama PPKM Darurat kemarin, Kadivpas sempat ngeluh sakit

Sesak Napas, Kadivpas Kemenkumham Jateng Meninggal Saat IsolasiIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Hasmi Syafei, Kabag Humas PPHTI Kemenkumham Jawa Tengah mengatakan almarhum sejak sepekan yang lalu sempat mengeluh sakit saat sedang bekerja di rumah dinasnya di Semarang.

"Sejak ada PPKM Darurat kan para pegawai Kemenkumham Jateng diminta WFH semua. Nah, Pak Syafar juga ikut WFH dengan bekerja dari rumah. Dan beliau setahu saya gak kemana-mana kok. Beliau tetap stay at home. Cuman pas seminggu lalu sempat ngeluh gak enak badan," kata Hasmi saat dikontak IDN Times, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Ratusan Pegawai Kemenkumham Jateng WFH, HKI hingga KITAS Dilayani Online

2. Kadivpas meninggal setelah mengalami sesak napas di RS Roemani

Sesak Napas, Kadivpas Kemenkumham Jateng Meninggal Saat Isolasiself.com

Lebih lanjut, Hasmi menyampaikan sekitar empat hari yang lalu kondisi kesehatan almarhum ternyata menurun sehingga harus dilarikan ke RS PKU Roemani, di Jalan Wonodri Semarang.

Selama dirawat di RS Roemani, almarhum telah didiagnosa terinfeksi virus Corona sehingga perlu menjalani perawatan di ruang isolasi COVID-19. Meski kondisinya sempat membaik dan beberapa kali absen kantor via online, namun ada dugaan kesehatan almarhum langsung drop lantaran virus Corona telah menyebar ke seluruh organ dalamnya.

"Kemungkinan beliau kena COVID-19 sehingga dirawat di RS Roemani. Kalau komorbidnya, saya kurang tahu pasti. Tetapi mungkin virusnya sudah masuk ke rongga paru-paru. Karena sebelum meninggal dunia, beliau tiba-tiba mengalami sesak napas," katanya.

3. Jenazah Kadivpas dimakamkan di Bogor

Sesak Napas, Kadivpas Kemenkumham Jateng Meninggal Saat IsolasiIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU. IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Hasmi mengatakan almarhum meninggal dunia pada Kamis (22/7/2021) jam 13.00 WIB. Jenazah almarhum dikebumikan di TPU Singosari Jonggol, Kabupaten Bogor Jabar pada Kamis malam dengan protokol COVID-19.

Ia dan rekan sejawat almarhum begitu syok mendapati kabar duka tersebut. Syafar semasa hidupnya kerap bepindah tugas ke sejumlah Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia. Terakhir Syafar bertugas di Jawa Tengah sekitar setahun.

4. Pegawai Kemenkumham Jateng gelar doa bersama via zoom

Sesak Napas, Kadivpas Kemenkumham Jateng Meninggal Saat IsolasiDoa bersama yang dipimpin Kakanwil Kemenkumham Jateng. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Di sisi lain, para pegawai Kemenkumham Jateng menggelar doa bersama sebagai rasa berkabung atas meninggalnya Kadivpas.

Dengan dipimpin Kepala Kantor Wilayah A. Yuspahruddin, doa bersama digelar lewat zoom meeting. "Ajal itu tidak bisa dimajukan maupun dimundurkan walau sesaat. Kematian ini bisa menjadikan kita semakin bertakwa," ujarnya sambil mengutip Quran Surat Al Mulk.

Tak lupa Yuspahruddin turut meminta kepada semua jajaran UPT Kemenkumham seluruh Jateng untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya bagi almarhum.

"Adanya kematian, adanya kehidupan, bahasa kematian disebut lebih dulu dalam AlQur'an. Itu dalam rangka untuk melihat bagaimana kehidupan kita, bagaimana amal baik kita didunia ini. Oleh karena itu kematian ini adalah keniscayaan," pungkasnya.

Baca Juga: Kepala Kemenkumham Jateng Meninggal, Dirawat Karena COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya