2 KA Baru dari Solo Rute Semarang dan Jakarta, Tiket Mulai Rp20 Ribu

Ada promo selama bulan Juni 2023 nih

Surakarta, IDN Times - PT KAI Daop 6 Yogyakarta menambah kereta api (KA) baru dengan relasi perjalanan baru mulai 1 Juni 2023. Pengoperasian KA baru tersebut merespon adanya peningkatan trafik melalui Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

1. Dua KA baru bernama KA Manahan dan KA Banyubiru

2 KA Baru dari Solo Rute Semarang dan Jakarta, Tiket Mulai Rp20 RibuKA Banyubiru, relasi baru dari Dops VI Yogyakarta. (Dok/Huma PT KAI)

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo menjelaskan, KA baru tersebut akan mulai dioperasi pada tanggal 1 Juni 2023 dengan relasi stasiun Solo Balapan--Gambar (PP) dan relasi stasiun Solo Balapan--Semarang Tawang (PP).

“Pengoperasian kedua KA tersebut sebagai upaya KAI dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” katanya Senin (15/5/2023)

Baca Juga: 5 Kafe di Kota Lama Semarang yang Nyaman dan Estetik Abis, Cobain!

2. Tarif tiket mulai Rp20 ribu

2 KA Baru dari Solo Rute Semarang dan Jakarta, Tiket Mulai Rp20 RibuStasiun Solo Balapan. (Dok/PT KAI)

Ia melanjutkan, KA tersebut sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, maupun channel penjualan resmi lainnya untuk keberangkatan mulai 1 Juni 2023. Pada tahap awal, baik KA Manahan maupun KA Banyubiru akan beroperasi hanya pada akhir pekan.

Untuk menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Manahan seharga Rp200 ribu, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30 ribu dan kelas ekonomi Rp20 ribu. Tarif promo tersebut berlangsung selama bulan Juni 2023.

3. Jadwal pemberangkatan KA Manahan dan KA Banyubiru

2 KA Baru dari Solo Rute Semarang dan Jakarta, Tiket Mulai Rp20 RibuKA Manahan, relasi baru dari Dops VI Yogyakarta. (Dok/Huma PT KAI)

Franoto mengatakan bahwa dengan dioperasikannya KA baru tersebut tentunya akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

"Adanya KA baru tersebut dapat menambah pilihan masyarakat dalam bepergian ke Jakarta dan Semarang. Ada beberapa stasiun pemberhentian yang tentunya akan bisa digunakan masyarakat untuk naik turun kedua KA tersebut," pungkasnya.

Rangkaian KA Manahan nantinya terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan kapasitas per kereta adalah 50 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Manahan akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 09.45--18.03 WIB dengan waktu tempuh 8 jam lebih 18 menit dan 22.35--06.36 WIB dengan waktu tempuh 8 jam lebih 1 menit.

Sedangkan untuk rangkaian KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi dengan kapasitas per kereta Eksekutif sebanyak 50 tempat duduk dan Ekonomi sebanyak 80 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Banyubiru akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 10.40--12.42 WIB dengan waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit dan 17.15-19.31 WIB dengan waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya