KPK Kumpulkan Gibran dan 6 Kepala Daerah Se-Soloraya, Berantas Korupsi

Dukung program pemberantasan korupsi terintegrasi

Solo, IDN Times - Tujuh kepala daerah dari Soloraya mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi di Lingkungan Pemerintah Daerah di Solo Raya. Rapat yang digelar di Bale Tawangarum Kompleks Balaikota Solo tersebut juga dihadiri oleh Direktur Wilayah III KPK RI, Ketua DPRD se-Solo Raya, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah, Sekretaris Daerah se- Solo Raya, Direktur Utama BPD Bank Jateng, seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Solo Raya serta diikuti secara virtual oleh Jajaran Kepala Perangkat Daerah se-Solo Raya yakni Solo, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Baca Juga: Banjir! Warga Gilingan dan Nusukan Lapor ke Medsos Gibran

1. Gibran dukung program pemberantasan korupsi

KPK Kumpulkan Gibran dan 6 Kepala Daerah Se-Soloraya, Berantas KorupsiWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dukung program pemberantasan korupsi terintegrasi. Dok/Humas Pemkot Solo

Walikota Solo menyatakan dukungan atas Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi. Menurutnya tujuh daerah yang lokasinya berdekatan ini menjadi tolak ukur untuk kemajuan Jawa Tengah kedepan. Untuk itu pihaknya berharap seluruh kepala daerah berkerjasama memberantas praktek korupsi.

"Pemerintah Kota Surakarta sangat mendukung terwujudnya tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme pada pemerintah daerah melalui Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi" jelas Gibran.

2. Akan digelar secara rutin

KPK Kumpulkan Gibran dan 6 Kepala Daerah Se-Soloraya, Berantas KorupsiTujuh kepada daerah se-Soloraya komitmen cegah korupsi. Dok/Humas Pemkot Solo

Selain membahas soal pembeberantasan korupsi, Gibran menyambut baik pertemuan tersebut, ke depan pertemuam dengan para kepala daerah se-Soloraya tersebut nantinya akan digelar secara rutin. Menurutnya, pembicaraan tetap ditindaklanjuti dengan langkah nyata.

"Nanti akan ada kolaborasi lagi. Apapun yang terjadi di Sukoharjo, Boyolali kan berdampak juga di Solo," pungkasnya.

3. Berkomitmen penuh atas pemberantasan korupsi

KPK Kumpulkan Gibran dan 6 Kepala Daerah Se-Soloraya, Berantas KorupsiTujuh kepala daerah se-Soloraya. Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara itu, Pimpinan KPK, Alexander Marwata mengatakan saat ini sedang berfokus pada langkah pencegahan dalam penangulangan tindak korupsi di daerah. Pihaknya berharap seluruh kepala daerah berkomitmen dengan menegakkan keadilan dan transparansi.

"Dengan tidak mengabaikan dan dengan tidak meninggalkan, KPK saat ini lebih mengutamakan langkah pencegahan. Dalam menanggulangi korupsi diperlukan pencegahan, evaluasi, dan supervisi" tegas Alexander.

Baca Juga: Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT Ditambah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya