Terowongan Kuno di Klaten Bikin Heboh, Kades Beberkan Asal Muasalnya

Diduga peninggalan zaman kolonial Belanda

Klaten, IDN Times - Warga Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dihebohkan dengan penemuan sebuah terowongan tua yang melintas di bawah jalan desa. Terowongan yang berbentuk setengah lingkaran dengan bahan dasar batu bata terbebut diduga dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga: Kisah Bu Carik di Klaten, Tawarkan Diri Jadi Sopir Ambulans COVID-19  

1. Ditemukan saat gali embung

Terowongan Kuno di Klaten Bikin Heboh, Kades Beberkan Asal MuasalnyaPenemuan terowongan kuno di Klaten. IDNTimes/Larasati Rey

Saat ditemui IDNTimes, Pj Kepala Desa Sabrang Lor, Budi Andriyanto, mengatakan
penemuan terowongan berawal dari penggalian embung desa yang akan dijadikan kolam pemancingan dan pusat jajanan kuliner. Embung tersebut berada di tanah kas desa.

Terowongan ditemukan pada Rabu (25/8/2021) saat melakukan pengerukan tanah dengan menggunakan backhoe. Dua hari kemudian atau Jumat (27/8/2021) operator alat berat bersama seorang warga melihat adanya bangunan seperti terowongan. Usai adanya temuan tersebut, warga langsung melapor ke petugas desa setempat.

“Awalnya kami juga tidak tahu, setelah ditemukan, warga berpendapat itu dibangun sejak jaman Belanda. Itu untuk saluran air katanya. Kami menunggu dinas terkait untuk menelusuri ini,” ungkapnya.

2. Penggalian embung dihentikan sementara

Terowongan Kuno di Klaten Bikin Heboh, Kades Beberkan Asal MuasalnyaPenemuan terowongan kuno di Klaten. IDNTimes/Larasati Rey

Terowongan tersebut memiliki lebar sekitar 3 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter. Terowongan memiliki konstruksi bata merah berbentuk mirip saluran air dengan posisi melintang dan menyerong.

Jika dilihat ke dalam terowongan terlihat gundukan tanah yang hampir menyentuh langit-langit terowongan. Lebih lanjut, Budi mengatakan jika terowongan tersebut hanya melintasi jalan desa. Pihaknya belum bisa memastikan fungsi terowongan tersebut pada zaman dulu. Namun ia menduga terowongan tersebut merupakan terowongan air, lantaran didekatnya terdapat embung yang dulunya berfungsi mengairi sawah.

“Ini kalau ditarik kesana ya cuma sampai ke pinggir jalan di seberang. Kalau dugaan awal ini terowongan air, karena ini disini dulu ada embung dan ada terpasang bangunan pompa air juga dulu ada sejak zaman belanda," jelasnya.

3. Lokasi temuan mangkrak bertahun-tahun

Terowongan Kuno di Klaten Bikin Heboh, Kades Beberkan Asal MuasalnyaBagian dalam terowongan kuno di Klaten. IDNTimes/Larasati Rey

Budi mengatakan, jika lokasi penemuan terowongan tersebut memang sudah puluhan tahun mangkrak atau tidak digunakan. Ia mengatakan jika sebelum dibangun, di lokasi tersebut banyak ditumbuhi ilalang dan semak belukar.

Lebih lanjut, pihaknya tak memungkiri jika penemuan tersebut dikaitkan dengan hal mistis. “Kalau hal-hal seperti itu, saya yakin ada. Cuma selama ini Alhamdulillah kami tidak ada gambaran mistis terutama saat pengerjaan ini," jelasnya.

4. Tunggu pengecekan dari dinas terkait

Terowongan Kuno di Klaten Bikin Heboh, Kades Beberkan Asal MuasalnyaPenemuan terowongan kuno di Klaten. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut Budi menyampaikan, jika telah melaporkan adanya temuan tersebut kepada dinas terkait. Pihaknya, juga menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah daerah jika nantinya terowongan tersebut merupakan benda cagar budaya. Apalagi jika akan dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Dari kabupaten dari Dinas Pariwisata sudah ngecek kesini. Mungkin melihat dari usia dan struktur bangunannya mungkin nanti diteliti,” pungkasnya.

Baca Juga: Sosok Kiai Mlati, Orang Sakti Cikal Bakal Berdirinya Klaten 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya