Ulang Tahun 11 Maret, Wapres Ma'ruf Amin Dapat Penghargaan Dari UNS 

Penghargaan di bidang ekonomi syariah.

Solo, IDN Times - Puncak kegiatan Dies Natalis ke-44 Universitas Sebelas Maret, digelar Rabu (11/3) di Auditorium G. P. H Haryo Mataram UNS.

Pada puncak kegiatan tersebut UNS memberikan penghargaan UNS Award kepada Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Mengajar di SMK Wonogiri, Rektor UNS Solo Ajarkan Merdeka Belajar

1. Berjasa di bidang ekonomi syariah

Ulang Tahun 11 Maret, Wapres Ma'ruf Amin Dapat Penghargaan Dari UNS IDN Times / Larasati Rey

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendapat penghargaan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada puncak peryaan Dies Natalies ke-44 UNS pada 11 Maret 2020.

Ma'ruf Amin diberi penghargaan UNS Award yakni ‘Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana’. Penghargaan tersebut diberikan atas jasanya dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Penghargaan tertinggi di bidang ekonomi syariah tersebut diberikan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho pada saat sidang senat terbuka Dies Natalis UNS ke-44. Beberapa tamu undangan nampak hadir diantaranya, Menkes Dr Terawam Agus Putranto, Kepala OJK Wimboh Santoso, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Ma'ruf mengatakan penghargaan ini merupakan tertinggi untuk kepeloporan kemasyarakatan, kemanusiaan, kemajuan dan pembangunan ekonomi. Dirinya mengaku tidak pernah membayangkan akan menerima penghargaan tertinggi tersebut dari UNS. Bahkan, menurutnya penghargaan teraebut terlalu tinggi untuknya.

"Saya ini hanya merupakan bagian kecil, dari semua misi besar yang mendorong pengembangan ekonomi syariah," ungkap Ma'ruf.

2. Jadi ulang tahun yang berkesan

Ulang Tahun 11 Maret, Wapres Ma'ruf Amin Dapat Penghargaan Dari UNS IDN Times / Larasati Rey

Kegiatan UNS Awards menjadi moment penting bagi KH Ma’ruf Amin, pasalnya tepat di tanggal 11 Maret, Wapres Ma’ruf Amin berulang tahun ke - 77 tahun. Namun, Ma’ruf Amin mengaku tidak menyangka acara ulang tahunnya sekaligus mendapat penghargaan yang dinilai peting untuk dirinya, pasalnya selama ini acara ulang tahunya tidak pernah dirayakan apa lagi diperingati.

“Iya betul 11 Maret itu ternyata hari lahir saya harus diikuti Supersemar zaman Pak Harto kemudian lahir juga Universitas Sebelas Maret. Ini berturut-turut surat pribadi artinya saya merasa bahwa ini 1 penghargaan bukan kepada saya tetapi juga kepada pengembangan ekonomi syariah di Indonesia oleh sebuah universitas yang termasuk Universitas ternama di Indonesia. Milag jarang dirayakan enggak pernah ada,” ungkapnya.

3. Diberi ucapan melalui pantun

Ulang Tahun 11 Maret, Wapres Ma'ruf Amin Dapat Penghargaan Dari UNS IDN Times / Larasati Rey

Sementara itu, dalam pidato sidang senat Dies Natalis, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho berkesempatan mengucapkan uang tahun kepada Ma’ruf Amin dengan cara melontarkan pantu, usai membacakan pidatonya.

“Indah nian negeri Indonesia kita, Kita bangga hingga sujud syukur, Selamat ulang tahun bapak Wakil Presiden kita, Semoga sehat dan panjang umur,” ujar Jamal dalam pantunnya.

Usai membacakan pantun, diikuti dengan tepuk tangan para tamu undangan yang hadir dalam sidang senat tersebut.

Jamal mengatakan penghargaan kepada Ma’ruf Amin merupakan yang tertinggi diberikan UNS kepada tokoh nasional yang berjasa di bidangnya. Menurut Jamal, aksi nyata yang telah diberikan oleh Wakil Presiden tersebut adalah menggerakkan ekonomi syariah di Indonesia.

“Kami telah mempelajari rekam jejak beliau di bidang ekonomi syariah sebagai hasil dari perpaduan pemikiran khas pesantren dan tantangan ekonomi modern," ungkapnya.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Sembuh, Tips Mencegah Coronavirus Menurut Dosen UNS 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya