Comscore Tracker

Puluhan Rumah di Rembang Rusak Dihantam Angin Kencang, 2 Warga Dirawat

Tiga kecamatan terdampak angin kencang

Rembang, IDN Times - Sebanyak tiga kecamatan di Rembang dilanda angin kencang pada Rabu (11/12). Akibatnya puluhan rumah warga mengalami rusak ringan hingga rusak berat.

Bencana angin kencang juga mengakibatkan dua warga dirawat di rumah sakit karena mengalami luka. 

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang, Akhir Budi Asmara, Kamis (12/12) mengatakan pada hari Rabu (11/12) siang terjadi hujan deras yang disertai angin kencang.

Kejadian itu melanda di tiga kecamatan, Kecamatan Sumber, Kecamatan Kaliori, dan Kecamatan Rembang.

Baca Juga: Puluhan Rumah Disapu Angin Kencang, Korban Bakal Disantuni Rp15 Juta

1. Puluhan rumah rusak ringan hingga rusak berat

Puluhan Rumah di Rembang Rusak Dihantam Angin Kencang, 2 Warga DirawatIDN Times/Istimewa

“Puluhan rumah rusak ringan dan berat, ada yang roboh. Selain itu juga ada korban yang mengalami luka dibawa ke rumah sakit,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Data kerusakan di Kecamatan Sumber. Di Desa Desa Bogorejo ada dua rumah warga roboh. Kemudian di desa tersebut yang mengalami rusak ringan terjadi RT 1 dan RW 1 sebanyak 66 rumah rusk ringan. Selanjutnya 20 atap rumah rusak ringan di RT 5 RW 1 Desa Bogorejo. Selanjutnya di Desa Tlogotunggal RT 2 RW 2 satu rumah roboh dan warung di Desa Jadi yang roboh.

2. Dua warga dilarikan ke rumah sakit

Puluhan Rumah di Rembang Rusak Dihantam Angin Kencang, 2 Warga DirawatDok BPBD Kabupaten Magelang

Angin kecang juga mengakibatkan dua orang warga harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka-luka.

“Ada dua korban luka-luka. Ke 2 korban tersebut sudah dilarikan ke RSUD. Dr Soetrasno untuk mendapatkan perawatan intensif,” lanjut dia.

Berikutnya, data kerusakan di Kecamatan Kaliori.  Di Desa Kuangsan satu rumah roboh dan tiga rumah rusak sedang. Di Desa Sendangagung beberapa atap rumah rusak ringan. Desa Jeruk beberapa pohon tumbang menghalangi akses jalan.

Desa Pengkol beberapa pohon tumbang menghalangi akses jalan. Desa Wiroto puluhan atap rumah mengalami rusak ringan dan puluhan pohon tumbang menghalangi akses jalan.

“Kemudian di Desa Meteseh beberapa pohon tumbang menghalangi akses jalan. Lalu di Desa Maguan beberapa pohon tumbang menghalangi akses jalan, Serta di Desa Gunungsari beberapa pohon tumbang menghalangi akses jalan,” terang dia.

Sedangkan untuk data kerusakan di Kecamatan Rembang, di Desa Mondoteko pohon tumbang menimpa rumah warga mengakibatkan rusak ringan dibagian atap. Desa Turusgede dua atap rumah mengalami rusak sedang.

“Di Desa Kedungrejo pohon tumbang menghalangi akses jalan,” jelasnya.

3. Petugas BPBD dan warga setempat evakuasi rumah yang terdampak

Puluhan Rumah di Rembang Rusak Dihantam Angin Kencang, 2 Warga DirawatIlustrasi bangunan rusak akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Adapun untuk kronologi kejadian, pada Rabu siang telah terjadi hujan deras disertai angin di beberapa wilayah di Rembang. Sehingga tercatat ada tiga kecamatan yang terdampak angin kencang yang bersamaan dengan hujan deras tersebut.

Pihak BPBD daerah setempat pun sudah melakukan evakuasi bagi rumah yang terdampak ataupun pohon yang bertumbangan. Selain itu juga melakukan assessment dan mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah dan yang menghalangi akses jalan.

Baca Juga: Bangunan Kantor Dishanpan Jateng Rusak Diterjang Angin Kencang

Topic:

  • Bandot Arywono

Just For You