Waspada Virus Corona, TKA Tiongkok di Jepara Dipantau Cek Kesehatannya

Sejauh ini tidak ditemukan kasus Virus Corona di Jepara

Jepara, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Jepara terus melakukan pemantauan dan pengawasan virus Corona yang berasal dari Wuhan China. Hingga kini, pemkab pastikan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja tidak ada yang dinyatakan positif terinfeksi virus mematikan tersebut. 

1. Lakukan pengecekan secara langsung ke tempat tinggal TKA asal Tiongkok

Waspada Virus Corona, TKA Tiongkok di Jepara Dipantau Cek KesehatannyaDok. Istimewa

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Mulyaji mengatakan, pihaknya memastikan hingga saat ini belum ada TKA Tiongkok dan warganya yang terpapar virus tersebut.

Pihaknya juga telah melakukan pengecekan secara langsung WNA asal Tiongkok itu. Pengecekan dilakukan di Perumahan Jepara Regency, Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Selasa (4/2).

“Hanya memastikan saja, sehingga warga itu yakin tidak was-was,” ujar dia dalam keterangan yang diterima.

2. Hasil pengecekan tidak ada WNA yang positif virus corona

Waspada Virus Corona, TKA Tiongkok di Jepara Dipantau Cek Kesehatannya(IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan, dalam pemantauan itu sedikitnya ada tiga WNA asal China dan satu warga Jepara, yang dinyatakan negatif virus virus corona. Mereka adalah Mong dan Chang yang tinggal di mes Perumahan Griya Tahunan Indah.

"Kemudian Jason dan Rosa (WNI) yang tinggal di Perumahan Jepara Regency, Pekalongan," kata dia.

Didampingi Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Jepara Fachrudin, Mulyaji mengimbau masyarakat tidak panik. Namun, tetap waspada terhadap virus corona dengan menjaga kebugaran dan kebersihan tubuh.

3. Sosialisasikan hidup sehat ke masyarakat

Waspada Virus Corona, TKA Tiongkok di Jepara Dipantau Cek KesehatannyaImbauan perilaku hidup sehat dan bersih di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

"Alhamdulillah mereka semua negatif corona, dan sehat. Intinya kita selalu berfikir positif dan tetap jaga ketahanan tubuh, olahraga dan kebersihan diri serta lingkungan,” tegas dia.

Sementara itu, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara pun telah melakukan sejumlah kegiatan, yang diperlukan untuk mencegah mewabahnya virus asal Wuhan itu di Bumi Kartini. Mulai dari pemantuan kesehatan WNA, hingga sosialisasi yang gencar kepada semua pihak.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya