Pabrik Semen di Cilacap Terbakar, Api Dari Alat Pengangkut Batubara

Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini

Cilacap, IDN Times – Pabrik semen di Cilacap dilaporkan mengalami kebakaran. Dalam video yang beredar di luas terlihat sebuah pabrik semen terbakar pada Jumat (10/4). Dalam video itu asap hitam pekat mengepul dari menara pabrik.

Baca Juga: Diawali Letupan! Kronologi Kebakaran Pengembangan Gas Jawa di Blora

1. Terjadi gangguan operasional mulau pukul 13.00 WIB

Pabrik Semen di Cilacap Terbakar, Api Dari Alat Pengangkut BatubaraIstimewa

Belakangan diketahui pabrik semen yang terbakar merupakan pabrik milik PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk di Cilacap, Jawa Tengah.

Corporate Communication Solusi Bangun Indonesia pabrik Cilacap, Deni Nuryandain, mengonfirmasi melalui pers rilis yang dibagi ke awak media.

“PT Solusi Bangun Indonesia mengalami gangguan operasi pada Jumat (10/4) sekitar pukul 13.00 WIB,” kata dia.

2. Gangguan disebabkan alat transportasi batu bara terbakar

Pabrik Semen di Cilacap Terbakar, Api Dari Alat Pengangkut BatubaraPixabay/OnzeCreativitijd

Kejadian ini menyebabkan aktivitas produksi pabrik dihentikan sementara untuk perbaikan. Ia menjelaskan, penyebab gangguan operasi karena bagian alat transportasi atau belt conveyor pengangkut batu bara terbakar.

"Batu bara adalah bahan bakar utama di pabrik kami untuk pembuatan semen, dan mudah terbakar. Saat ini kami masih menyelidiki atau investigasi penyebab kebakaran ini," kata Deni.

3. Tidak ada korban jiwa

Pabrik Semen di Cilacap Terbakar, Api Dari Alat Pengangkut Batubaraecosteel.com

Ia menambahkan, kebakaran alat transportasi ini tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Api berhasil dipadamkan berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran.

Ia mengatakan akan secepatnya mengevaluasi kejadian ini sehingga tidak terulang lagi. Ia juga menegaskan PT SBI berkomitmen menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja.

“Kami mohon maaf apabila hal ini telah menggangu kenyamanan masyarakat. Perusahaan kami terus berkomitmen untuk memastikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan operasional,” ujar dia

Baca Juga: Dampak Kebakaran CPP Gundih Blora, Aliran Gas PGN Mati Sementara

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya