Comscore Tracker

3 Langkah Menyelamatkan Hape Android dan iPhone yang Terendam Air 

Cara mengeringkan ponselmu yang basah karena banjir

Musim hujan seperti sekarang ini berhati-hatilah menggunakan perangkat elektronik terutama hape karena rawan mengalami kerusakan karena air. Tak bisa dipungkiri saat ini telepon seluler atau hape merupakan perangkat penting bagi setiap orang.

Apalagi jika hape kalian bukanlah tipe water resistant yang tahan dengan air. Perlu perlindungan ekstra agar tak rusak saat terkena air. Nah bagaimana kalau hape secara tak sengaja terendam air karena kehujanan atau banjir?

Nah bila itu terjadi ini beberapa langkah yang perlu kalian lakukan sebagai pertolongan pertama untuk telepon seluler android maupun iPhone yang terendam air.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana Mengatasi Mesin Motor Terendam Banjir

1. Angkat segera hapemu dari dalam air dan letakkan di tempat yang kering

3 Langkah Menyelamatkan Hape Android dan iPhone yang Terendam Air Unsplash.com/Tyler Lastovich

Nah langkah pertama yang perlu kalian lakukan jika hape terendam air yakni segera mengangkatnya atau mengeluarkannya apabila hape tersebut berada di kantong celana atau pakaianmu. Setelah itu letakkan hape yang terendam tersebut di tempat yang kering.

Matikan hapemu lalu yang perlu kalian lakukan bongkar dan pisahkan komponen baterai dan juga Sim card dari bodi hape. Lalu bagaimana dengan Hape dengan baterai tanam atau non removable? yang perlu kalian lakukan yakni matikan HP kemudian letakkan secara tegak.

2. Keringkan air yang berada di dalam hape

3 Langkah Menyelamatkan Hape Android dan iPhone yang Terendam Air unsplash,com/Alejandro Escamilla

Setelah langkah-langkah pertama kalian lakukan, selanjutnua adalah mengeringkan air dari dalam perangkat hapemu. Setelah hape dibongkar, bersihkan dan keringkan dengan menggunakan tisu atau lap dari kain.

Yang umum dilakukan diantaranya yakni membenamkan hape yang terendam tersebut ke dalam beras karena beras dipercaya dapat menyerap air. merangkum dari berbagai sumber bahan lain yang bisa digunakan yakni silika gel yang dituang dalam jumlah banyak, oatmeal, jagung yang telah dicacah, hingga pengawet buatan.

Pilih salah satu bahan dan benamkan hape tersebut ke dalamnya selama kurang lebih 48 jam. Setelah itu pasang kembali dan cobalah menyalakannya. Perlu dicatat, trik ini efektif bagi hape yang belum memiliki sertifikasi IP67 atau IP68.

3. Bawa ke service center terdekat

3 Langkah Menyelamatkan Hape Android dan iPhone yang Terendam Air IDN Times/Nena Zakiah

Jika langkah-langkah tersebut tidak membuahkan hasil, segera bawa ke service center terdekat. Bisa jadi hapemu mengalami beberapa kerusakan yang membutuhkan penggantian komponen-komponen yang ada di dalam hape tersebut.

Itulah tadi langkah-langkah untuk menyelamatkan hape yang terendam air atau banjir. Keep smart ya guys, taruhlah ponselmu di tempat yang aman dari air.

Baca Juga: Rekomendasi 7 HP Tahan Air Atau Water Resistant Terbaik, Samsung, Sony

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya