Comscore Tracker

Brand Sepeda Lokal Antimainstream yang Bikin Kamu Jadi Pusat Perhatian

Ada yang dari bambu, lho!

Bersepeda menjadi aktifitas yang semakin digemari dan menjadi pilihan banyak kalangan sejak era pandemi. Hal ini dikarenakan bersepeda bisa dilakukan dengan santai. Dengan tren ini, brand-brand sepeda lokal seperti Polygon hingga United juga menjadi semakin populer.

Tetapi, apakah brand sepeda lokal hanya Polygon dan United? Ternyata tidak, masih banyak brand sepeda lokal yang pantas disejajarkan dengan dua brand tersebut. Apa saja?

Baca Juga: Daftar Harga Motor Harley Davidson di Indonesia

1. PinineCycle

PinineCycle merupakan brand sepeda lokal yang berasal dari Malang, Jawa Timur. PinineCycle fokus pada produksi frame steel untuk sepeda urban seperti Fixed-gear. Meski begitu, di web-katalog mereka juga dicantumkan beberapa jenis sepeda lain seperti roadbike hingga gravel. 

2. Borneotrack

Sesuai nama brand-nya, Borneotrack merupakan frame builder yang berasal dari Kalimantan, tepatnya dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Borneotrack menawarkan berbagai jenis frame, dengan kualitas premium yang bahkan peminatnya sudah mencapai mancanegara.

Salah satu keunggulan Borneotrack ini adalah ukurannya yang benar-benar presisi menyesuaikan calon pengguna sehingga benar-benar nyaman digunakan. Selain itu paintjob-nya juga tidak main-main.

3. Babah Bikes

Babah Bikes mungkin brand yang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta sepeda gunung. Hal ini memang tidak mengherankan karena kualitas yang ditawarkan memang sangat baik. Babah Bikes merupakan brand frame builder yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

Brand ini memproduksi beberapa jenis frame, mulai dari MTB hardtail, MTB full suspension, fixed-gear, hingga road bike dan gravel. Hebatnya, pengguna frame buatan Babah Bikes tidak hanya orang Indonesia, beberapa atlit mancanegara juga diketahui menggunakan frame buatan Babah Bikes.

4. Alphalab

Dari Kota Kembang Bandung, Alphalab muncul menjadi salah satu brand sepeda lokal yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Frame-frame buatan merek menjadi pilihan utama bagi kawula muda pecinta sepeda urban. Pada awalnya, Alphalab membuat frame sepeda BMX, tetapi pada perkembangannya brand ini juga mulai membuat berbagai jenis frame, mulai dari fixed-gear, road-bike, hingga gravel.

5. Walker

Walker Bicycle, berangkat dari spirit Kota Sepeda, Yogyakarta. Brand Walker ini merupakan frame builder yang fokus pada jenis frame trackbike dan roadbike, dengan bahan utama steel dan alloy. 

6. Spedagi

Spedagi Bamboo Bike merupakan sepeda bambu asli karya anak bangsa, tepatnya lahir dari Kota Temanggung, Jawa Tengah. Singgih S. Kartono, sang kreator pada awalnya takjub dengan sepeda bambu yang berasal dari Amerika.

Kemudian terlintas idenya untuk membuat sepeda serupa dengan mengamati lingkungan sekitarnya dimana banyak tersedia bambu sebagai bahan utamanya. 

Itulah beberapa brand sepeda lokal yang tak kalah keren dari Polygon atau United. Apakah diantara kalian ada yang menggunakan brand di atas? 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepeda Gunung di Indonesia, Berkualitas!

Sidiq Firmanto Photo Community Writer Sidiq Firmanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya