Comscore Tracker

330 Ribu UMKM Beralih ke Transaksi Digital Pakai DANA Bisnis

Perajin batik berinovasi untuk go digital

Semarang, IDN Times - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mulai melakukan transformasi digital. Upaya itu dilakukan 330 ribu UMKM yang beralih ke transaksi dengan menggunakan dompet digital DANA.

1. DANA Bisnis dorong akselerasi digital UMKM

330 Ribu UMKM Beralih ke Transaksi Digital Pakai DANA BisnisCEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara pada forum diskusi DANA Connect dengan tema ‘Akselerasi Digital untuk Kemajuan Batik dan Industri Budaya Indonesia’ secara daring, Jumat (11/10/2021). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara mengatakan, sejak meluncurkan DANA Bisnis pihak telah membantu pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia termasuk mereka yang bergerak di industri kriya dan tekstil dalam mendigitalisasi transaksinya.

‘’Saat ini DANA Bisnis sudah digunakan oleh lebih dari 330.000 UMKM dari total 85 juta pengguna DANA. Tidak hanya dari sisi akselerasi digitalisasi UMKM, DANA pun berupaya untuk meningkatkan kompetensi pelaku industri berbasis budaya dengan memberikan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan bersertifikat lewat DANA Academy,’’ ungkapnya pada forum diskusi DANA Connect dengan tema ‘Akselerasi Digital untuk Kemajuan Batik dan Industri Budaya Indonesia’ secara daring, Jumat (11/10/2021).

Baca Juga: OJK dan GoTo Resmikan Kampus UMKM di Solo, Dukung Pemulihan Ekonomi

2. Mitra usaha DANA terima edukasi yang berkelanjutan

330 Ribu UMKM Beralih ke Transaksi Digital Pakai DANA BisnisANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Untuk mendorong akselerasi digital UMKM tersebut DANA juga melakukan pembaruan fitur DANA Bisnis. Tujuannya, agar dapat memajukan UMKM khususnya perajin batik agar berdaya bersaing dan membuka kesempatan yang makin luas untuk berkembang, sehingga batik sebagai budaya bangsa tetap lestari.

Sedangkan, DANA Connect merupakan bagian dari inisiatif DANA untuk menghubungkan seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah, lembaga keuangan, dan mitra dalam satu forum diskusi. DANA Connect sekaligus menegaskan komitmen inisiatif DANA untuk menghadirkan edukasi berkelanjutan bagi para mitra usaha, khususnya UMKM.

‘’DANA Connect diharapkan mampu meningkatkan literasi digital dan inklusi keuangan, memberikan inspirasi dan membangkitkan semangat untuk tetap berjuang dan bangkit dari hantaman pandemik. Selain itu, juga membuka kesempatan bagi komunitas ekonomi kreatif dan UMKM untuk berkolaborasi,’’ tutur Vince.

3. Pelaku UMKM terus lakukan inovasi dan beralih ke digital

330 Ribu UMKM Beralih ke Transaksi Digital Pakai DANA BisnisPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Sementara pada kesempatan tersebut DANA juga mengajak para pelaku UMKM yang telah menjadi mitra DANA Bisnis seperti pemilik Billiardo.id, Ronny Billiardo dan pemilik Wastra Batik, Olif Kinanthi untuk berbagi pengalaman.

Olif mengatakan, untuk bisa menduniakan batik pihaknya terus melakukan inovasi baik diversifikasi produk maupun beralih ke digital. ‘’Selain membuat motif-motif yang lebih menarik anak muda memakai batik, kami juga bertransformasi digital. Itu kami lakukan dalam transaksi bahkan sekarang pelatihan batik pun bisa dilakukan secara online,’’ katanya.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Ajak Pelaku Usaha di Jateng Melek Literasi Digital 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya