Comscore Tracker

Pemilu 2019 Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Candi Borobudur

Berharap akhir tahun banyak pengunjung

Magelang, IDN Times - Jumlah pengujung Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur baru mencapai 70 persen dari target yang ditetapkan. Angka jumlah pengunjung itu terhitung sepanjang tahun hingga November 2019.

Baca Juga: Dikunjungi Presiden Jokowi, Candi Borobudur Tetap Buka untuk Umum

1. Pencapaian target tinggal satu bulan

Pemilu 2019 Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Candi Borobudurpixabay.com/id/users/qwertyvied-1304587/

Dari penuturan General Manager (GM) PT TWC Unit Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana target yang ditetapkan mencapai 4.774.000 pengunjung.

"Pengunjung Borobudur baru mencapai 70 persen dari target yang ditentukan manajemen tahun ini. Masih ada waktu 1 bulan ini, kami harus kencang, bagaimana caranya pengunjung bisa datang ke sini," katanya di Magelang, Rabu (4/12).

2. Pemilu jadi salah satu faktor

Pemilu 2019 Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Candi BorobudurANTARA FOTO/Novrian Arbi

Dari angka itu, capaian untuk wisatawan mancanegara (wisman) baru tercapai 62 persen. Sedangkan wisatawan nusantara (wisnus) sudah mencapai 70 persen lebih.

Putu mengakui bahwa penurunan pengunjung baik wisman maupun wisnus salah satunya juga diakibatkan karena adanya hajat politik lima tahunan pada 2019.

3. Berharap banyak pengunjung di akhir tahun

Pemilu 2019 Pengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan Candi Borobudurtimeincuk

Meski demikian pihaknya akan terus mengoptimalkan tim pemasaran untuk berkomunikasi degan agen-agen travel, bagaimana Borobudur supaya bisa dikunjungi oleh wisman dan wisnus.

Dirinya berharap pada liburan akhir tahun ini, pengunjung bisa meningkat tajam sehingga bisa mendekati target kunjungan.

"Harapannya pada bulan Desember ini pengunjung bisa mencapai 700 ribu hingga 800 ribu, sehingga jumlah pengunjung bisa mencapai 90 persen dari target," jelasnya dilansir Antara.

Baca Juga: Kunjungi Borobudur, Peserta Famtrip Media India Punya Kesan Khusus

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya