Comscore Tracker

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023

Banyak faktor pendukung untuk merealisasikannya

Semarang, IDN Times - Membaiknya perekonomian nasional berimbas pada ekonomi Jawa Tengah yang tetap tumbuh selama sepanjang 2019.

Namun untuk target mencapai 7 persen, Bank Indonesia (BI) memprediksi akan bisa tercapai pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Menjamurnya Kedai Makan dan Minum Pengaruhi Kenaikan Ekonomi Jateng

1. Tumbuh positif dalam 10 tahun terakhir

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023IDN Times/Dhana Kencana

Dari catatan BI, pencapaian pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah selama tiga triwulan tahun 2019, berturut-turut mencapai 5,15 persen, 5,56 persen, dan 5,66 persen. Angka tersebut melampaui angka nasional serta terus konsisten tumbuh, setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

"Rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah hanya sebesar 5,49 persen dalam sepuluh tahun terakhir," kata Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah, Soekowardojo disela-sela Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah 2019 di Semarang, Kamis (5/12).

2. Inflasi Jawa Tengah terjaga

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Soal dengan inflasi di Jawa Tengah, BI memperkirakan masih akan tetap terjaga hingga akhir 2019, pada rentang sasaran inflasi dengan capaian berada pada batas bawah pada target 3,5±1 persen.

"Dapat dikatakan inflasi Jawa Tengah berada pada tingkat yang cukup rendah," imbuh Soeko.

Dari hasil capaian pertumbuhan ekonomi dan terjaganya inflasi, BI yakin target pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang ditargetkan oleh pemerintah pusat dapat terealisasi pada 2023.

3. Angka pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pengaruhi nasional

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023ANTARA FOTO/Jojon

Tantangan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen tersebut, imbuh Soeko, akan bisa terealisasi. Salah satu parameternya adalah pangsa ekonomi Jawa Tengah yang berada di kisaran 9 persen terhadap nasional dan menempati posisi keempat dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Dengan kontribusi yang besar, pertumbuhan tinggi ekonomi Jawa Tengah akan mendorong pertumbuhan nasional lebih cepat. Middle income trap yang membayangi Indonesia akan cepat teratasi," papar Soeko.

4. Pertumbuhan ekonomi di 2020 bisa lebih tinggi

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023Ilustrasi inflasi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

BI optimis Jawa Tengah mampu mewujudkan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen. Karena banyak faktor pendukung yang dimiliki untuk merealisasikannya.

Diantaranya potensi sumber daya yang melimpah, lumbung pangan, tenaga kerja yang kompetitif, kualitas produk industri berskala internasional, serta beberapa destinasi pariwisata unggulan.

BI memproyeksikan kondisi perekonomian Jawa Tengah akan tumbuh lebih tinggi di rentang 5,4-5,8 persen di tahun 2020, dengan inflasi yang terjaga pada kisaran 3,0±1 persen.

5. Pemprov Jateng minta komitmen dari para kepala daerah

Target Pertumbuhan Ekonomi 7 persen Jateng, BI: Terealisasi di 2023IDN Times/Dhana Kencana

Penjabat Sekda Jateng, Herru Setiadhie mengajak para kepala daerah untuk dapat melakukan tiga hal akselerasi guna mencapai target pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 7 persen. Yaitu penyederhanaan serta kecepatan soal perijinan, penyediaan infrastruktur, serta menjaga kondusifitas iklim wilayah setempat.

"Infrastruktur tidak hanya jalan, juga pasokan air bersih. Termasuk juga adanya kepastian lahan bagi para investor. Calon investor harus nyaman dan mudah. Proses-proses itu difasilitasi di daerah. Pengambilan keputusan di daerah karena mereka yang mempunyai wilayah," terang Herru.

Baca Juga: Kejar Pertumbuhan Ekonomi 7 persen, Jateng Kembangkan Sekolah Vokasi

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya