Comscore Tracker

Cek Bandara JB Sudirman Purbalingga, Jokowi: Harus Gerakan Ekonomi Sekitar

Jokowi menggelar kunjungannya di Jateng pagi ini

Purbalingga, IDN Times - Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (11/6/2021), menggelar kunjungannya ke Jawa Tengah. Salah satu lokasi yang disambanginya yaitu Bandara Jenderal Besar Sudirman (JB Sudirman) yang terletak di Kabupaten Purbalingga.

Tiba dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis ATR-72, Presiden Jokowi yang didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga, langsung berkeliling mengecek semua fasilitas sarana dan prasana penunjang di dalam Bandara JB Sudirman.

1. Jokowi temukan proyek terminal Bandara JB Sudirman belum kelar

Cek Bandara JB Sudirman Purbalingga, Jokowi: Harus Gerakan Ekonomi Sekitar

Di lokasi bandara, Jokowi menyebut proyek pembangunan terminal penumpangnya belum tuntas dikerjakan. Namun, ia memuji percepatan pembangunan proyek Bandara JB Sudirman  yang dilihatnya gedung airportnya sudah bisa dipakai.

"Meskipun terminalnya belum selesai, tapi minggu lalu telah dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga dan dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink. Ini bagus, saya senang. Meskipun terminalnya darurat, tapi airportnya sudah dipakai," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, dalam keterangan resmi yang diperoleh IDN Times.

Baca Juga: Purbalingga Ubah Lingkungan Industri Logam Jadi Ruang Isolasi

2. Jokowi: Ini lebih produktif ketimbang nunggu harus selesai dulu

Cek Bandara JB Sudirman Purbalingga, Jokowi: Harus Gerakan Ekonomi SekitarPresiden Jokowi saat turun dari pesawat ATR Garuda di Bandara JB Sudirman Purbalingga. Dok Humas Pemprov Jateng

Jokowi juga mengungkapkan pembangunan landasan pacu alias runway Bandara JB Sudirman sudah kelar. Panjang runwaynya sekitar 1.600 meter dengan lebar 30 meter.

Menurutnya di lokasi Bandara JB Sudirman, jumlah penumpangnya sudah lebih dari 70 persen. Ia berharap agar keberadaan Bandara JB Sudirman mampu menggerakan perekonomian masyarakat setempat sekaligus memberikan kontribusi yang nyata bagi wilayah sekitarnya macam Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Banyumas.

"Saya kira ini lebih produktif daripada menunggu harus selesai baru dilakukan penerbangan. Saya melihat juga penumpangnya lebih dari 70 persen. Sehingga diharapkan mobilitas orang, barang dan logistik akan lebih baik," katanya.

Jokowi menyarankan agar pengelola bandara lainnya bisa menerapkan apa yang sudah dilakukan oleh pihak Bandara JB Sudirman.

"Terima kasih pak Gubernur Jateng, ibu bupati Purbalingga dan seluruh pihak yang telah berkontribusi pada pembangunan bandara ini," imbuhnya.

3. Ganjar ungkap proyek Bandara JB Sudirman wujudkan mimpi sejak puluhan tahun

Cek Bandara JB Sudirman Purbalingga, Jokowi: Harus Gerakan Ekonomi SekitarGubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut Presiden Jokowi di Bandara JB Sudirman Purbalingga. Dok Humas Pemprov Jateng

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang turut mendampingi Jokowi mengatakan ada kebanggaan dengan dibukanya Bandara JB Soedirman di Purbalingga. Sebab, proyek itu merupakan sejarah panjang yang telah puluhan tahun dimimpikan.

Ganjar ingat betul bagaimana panjangnya proses menjadikan bandara Jenderal Soedirman seperti saat ini. Pembahasan bandara itu sudah dilakukannya sejak ia masih menjadi anggota DPR RI.

"Bandara ini dengan daerah lain di sekitar Purbalingga dekat pak. Jadi tidak hanya Purbalingga yang ketiban rezeki, daerah lain juga akan merasakan dampaknya. Tentu kita berharap bisa menggerakkan perekonomian di wilayah Jateng bagian selatan ini," cetusnya.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah ini. Tak hanya Purbalingga, tapi juga daerah sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Pemalang, Cilacap, Wonosobo, Kebumen dan lainnya," tandasnya.

Baca Juga: Waspada! La Nina Picu Bencana di Purbalingga, Hujan Angin dan Longsor

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya