Comscore Tracker

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnya

Jus kaya manfaat yang bisa menyehatkan jantung setiap saat

Siapa yang tak mengenal buah semangka? Buah segar bulat besar berwarna merah merona itu saat ini juga banyak dijual di pasaran. Bahkan saat ini juga ada semangka yang isinya berwarna kuning.

Semangka adalah buah yang kaya air. Saking banyaknya, buah tersebut sering dianggap sebagai pelepas dahaga. Semangka juga sarat kandungan vitamin. Seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, magnesium, dan likopen.

Banyak cara mengonsumsi buah semangka. Ada yang dimakan secara langsung, dibuat salad, rujak, bahkan di-blender menjadi jus segar. Jus banyak diminati karena tinggal minum. Isinya saja kaya manfaat apalagi diolah bersama kulit-kulitnya.

Gak percaya? SImak penjelasan lengkap manfaat jus semangka yang diolah bersama kulit-kulitnya berikut ini.

1. Menjaga tekanan darah tetap stabil

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnyailustrasi tekanan darah stabil (Pexels.com/Gustavo Fring)

Kabar baik bagi penderita hipertensi, jus semangka dengan kulitnya bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Dalam jus semangka, proporsi elektrolit yang stabil dapat membantu tekanan darah tetap baik, sehat, dan stabil. Tetap selalu menjaga makanan lainnya juga, supaya tekanan darah tak melonjak secara drastis.

2. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnyailustrasi menurunkan berat badan (Pexels.com/mentatdgt)

Bagi yang sedang menjalani diet, jus semangka dengan kulitnya sangat cocok dikonsumsi. Kadar air dan mineral yang berlimpah dalam semangka ampuh menurunkan berat badan. Apalagi dalam semangka tidak mengandung kadar lemak sehingga aman untuk tubuh. Kandungan kaya vitamin juga menjadikan buah tersebut mampu menjadi pelengkap nutrisi untuk kebutuhan sehari-hari. 

Baca Juga: 7 Kuliner Sehat Khas Kota Solo, Cocok Untuk Diet Lho!

3. Meredakan stres

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnyailustrasi sedang stres (Pexels.com/Nathan Cowley)

Mengonsumsi jus semangka plus kulitnya dengan teratur, ternyata bisa meredakan stres.  Dalam buah semangka mengandung vitamin B6 yang digunakan tubuh untuk menghilangkan rasa lelah, kecemasan, dan stres. Wah, makin semangat nih mengonsumsi jus semangka. Apalagi saat lelah bekerja stres adalah ancaman nyata jika tak segera diatasi.

4. Menjaga kesehatan jantung

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnyailustrasi jantung sehat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jus semangka beserta kulitnya jika dikonsumsi secara teratur akan menjaga jantung tetap sehat. Kadar likopen yang terkandung di dalamnya akan menghancurkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Termasuk jantung yang membutuhkan senyawa likopen yang sarat antioksidan sehingga bisa memperbaiki jaringan tubuh manusia beserta organnya.

5. Sumber energi untuk tubuh

5 Manfaat Jus Buah Semangka yang Diolah bersama Kulit-kulitnyailustrasi sumber energi (Pexels.com/Julia Larson)

Jus semangka yang diolah bersama dengan kulitnya juga dapat menambah energi tubuh karena kandungan elektrolit, mineral, dan karbohidrat di dalamnya. Sehingga, setelah mengonsumsi jus semangka, tubuh tetap energik. Selain itu, tubuh juga terhidrasi dengan baik. Gak perlu lagi khawatir. Kalau pengin stok energi yang banyak di tubuh, cukup konsumsi rutin jus semangka.

Begitulah penjelasan tentang manfaat penting jus semangka jika dikonsumsi setiap hari, tentunya diolah bersama kulitnya, ya. Semangka buah yang kaya vitamin dan mineral serta sarat akan air yang baik sekali khasiatnya untuk tubuh kita.

Dengan harga yang sangat terjangkau, semangka adalah buah yang gampang didapatkan di mana saja. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menyetok selalu buah semangka di rumah.

Baca Juga: Gaya Millennial Semarang Jual Jus saat COVID-19: Hidup dan Cuan Sehat!

Renny Fitri Photo Community Writer Renny Fitri

Tinggal di desa, sederhana, dan bahagia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya