Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!

Bisa ditonton saat libur Natal dan Tahun Baru nih

Semarang, IDN Times - Momen akhir tahun umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur atau melakukan ‘me time’ sejenak melepas kepenatan setelah bekerja. Jika kamu belum bisa pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri karena masih dalam situasi pandemik, jangan sedih mungkin menonton film favorit bisa jadi alternatif hiburan.

Ada lima rekomendasi film dan serial yang nge-hits sepanjang masa dengan banyak pelajaran yang bisa diambil. Selain menginspirasi, film dan serial ini mengajarkan kita untuk selalu mencari peluang dalam setiap keadaan dan melatih kita berpikir kritis.

Tentunya, kamu bisa bersantai sambil melepas penat walau hanya di rumah saat libur Natal dan Tahun Baru. Berikut lima film dan serial tersebut beserta sinopsisnya, yuk simak!

1. Sherlock Holmes

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!Imdb

Sherlock Holmes adalah tokoh detektif dalam cerpen dan novel karya Sir Arthur Conan Doyle yang pertama kali muncul di tahun 1887. Meskipun karakternya telah ditulis lebih dari 100 tahun yang lalu, serial Sherlock ini mengambil latar waktu di zaman modern. Oleh karena itu, penonton akan mudah untuk memahami alur ceritanya.

Serial ini bercerita tentang sosok detektif, Sherlock Holmes, yang ditemani oleh partner kerjanya yaitu Dr John Watson. Pola pikir, karakter, dan kecerdasan Sherlock adalah hal yang menjadi keunikan dari film ini. Kemampuannya dalam memecahkan kasus-kasus rumit mengajak kita untuk ikut berpikir secara out of the box.

Serial ini akan membawa kita berpetualang menjelajahi kisah-kisah seru nan menegangkan yang dialami Detektif Sherlock. Hingga saat ini, terdapat 13 episode dalam empat season dari serial Sherlock yang telah tayang dari tahun 2010 hingga 2017. Bagi kamu pecinta genre misteri, drama kriminal, dan petualangan, serial ini dijamin berhasil membuat kamu penasaran di setiap episodenya.

2. The Imitation Games

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!Movieweb.com

Film ini diadaptasi dari kisah nyata. Mengisahkan tentang Alan Turing, seorang matematikawan lulusan Universitas Cambridge yang bergabung dalam tim pemecah kode di kerajaan Inggris saat Perang Dunia Kedua. Turing mendapat tugas untuk memecahkan kode rahasia Negara Jerman bernama Enigma.

Pada saat itu, kode Enigma dinilai mustahil untuk dipecahkan. Meskipun begitu, ia berhasil membuat mesin yang dapat memecahkan kode Enigma dan kemudian menjadi cikal bakal komputer. Dalam perjalanannya, Turing mengalami beberapa kesulitan. Turing juga dikenal sebagai pribadi yang lebih senang bekerja sendiri tanpa bantuan rekan timnya.

Karakter Alan Turing sukses diperankan dengan sangat apik oleh Benedict Cumberbatch. Bahkan, film ini mendapat rating imdb 8.0 dan berhasil memperoleh 39 penghargaan di berbagai festival film. Film ini cocok bagi para penggemar film biografi.

Baca Juga: 5 Drama Korea Shin Min Ah, Pemeran Dokter Gigi di Hometown Cha Cha Cha

3. A Beautiful Mind

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!A Beautiful Mind (www.flixwatch.co)

Film ini adalah adaptasi dari kisah nyata John Forbes Nash, seorang genius matematika yang mengidap penyakit skizofrenia. John Nash adalah penerima beasiswa dalam bidang matematika di Universitas Princeton. Ia mendapatkan gelar doktornya dan melanjutkan hidup sebagai dosen di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Singkat cerita, John mendapatkan tawaran pekerjaan dari Departemen Pertahanan Amerika untuk memecahkan pola rahasia Uni Soviet. Pekerjaan barunya ini membuatnya terobsesi. Hidupnya diselimuti kecemasan dan ketakutan karena penyakit mental yang membuatnya tidak dapat berpikir secara rasional bahkan kerap berhalusinasi.

Film yang berhasil menyabet empat Piala Oscar ini menceritakan perjuangan John melawan penyakitnya hingga ia berhasil meraih Penghargaan Nobel atas penemuannya dalam teori ekonomi kontemporer. Dari kisah John, kita dapat meniru sosoknya yang pantang menyerah walau dalam keadaan sulit. Film ini patut ditonton bila kamu sedang membutuhkan motivasi.

4. Dead Poets Society

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!cuplikan film Dead Poets Society (dok. Touchstone Pictures/ Dead Poets Society)

Film dengan durasi 129 menit ini memiliki latar waktu tahun 1959 di mana Todd Anderson, sang tokoh utama, sedang duduk di bangku SMA di Welton Academy, Amerika Serikat. Sekolah tersebut dikenal sebagai sekolah elit yang konservatif di mana siswa selalu bersikap formal setiap waktu.

Namun di hari pertama sekolahnya, mereka dikejutkan dengan sosok John, guru Bahasa Inggris menggunakan metode belajar yang tak biasa. John adalah guru yang selalu berpesan kepada murid-muridnya untuk membuat hidup lebih bermakna. Ia juga berusaha membuat para muridnya menyukai keindahan sastra. Cara mengajar yang diterapkan John berbeda dengan guru lainnya, membuat John dikagumi banyak murid. Hingga terbentuklah Dead Poets Society, sebuah klub puisi rahasia untuk pecinta sastra.

John menjadi inspirasi bagi muridnya untuk selalu membuat perubahan dalam hidup mereka dan kerap memberi motivasi. Dari film ini, kita belajar bahwa tujuan utama pendidikan adalah memfasilitasi siswa agar mampu menjadi pemikir dan pembelajar yang mandiri.

5. 3 Idiots

5 Rekomendasi Film Nge-Hits Sepanjang Masa, Ceritanya Inspiratif!https://www.india.com

Sesuai judulnya, film ini mengisahkan tentang cerita persahabatan 3 mahasiswa yang kerap bersikap konyol. Ketiga pemuda tersebut adalah mahasiswa jurusan teknik mesin di Imperial College of Engineering (ICE). Farhan, Raju, dan Rancho, menjalani kisah pahit manis dalam kehidupan perkuliahan mereka.

Kisah mereka bermula dari perseteruan Rancho dengan dekan kampus, Professor Viru, karena perilaku Rancho yang seringkali sulit diatur. Professor Viru terkenal disiplin dan selalu menerapkan peraturan kampus, sedangkan Rancho adalah seorang pembangkang. Kedua rekan Rancho juga memiliki kisah unik yang hampir membuat mereka tidak lulus dari universitasnya. Namun, pada akhirnya ketiga pemuda tersebut berhasil lulus dan sukses meraih karirnya masing-masing.

Meskipun bergenre drama komedi, film ini berisi banyak kritikan tajam tentang sistem pengajaran dalam institusi pendidikan. Film ini juga digemari banyak orang karena ceritanya yang dekat dengan realitas, menghibur, tetapi juga sangat menginspirasi. Film ini menjadi pilihan menarik bagi kamu yang menyukai film komedi.

Jadi, film manakah yang akan kamu tonton lebih dulu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tayangan Korea Desember Ngehits, Bisa Nonton di Viu 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya