Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Film Sci-Fi Terbaik yang Diproduksi Dengan Budget Minim

Tetap menghadirkan filma yang berkualitas

Salah satu genre yang banyak dibuat oleh rumah produksi dan disukai banyak orang adalah film bergenre sci-fi.

Film dengan genre yang satu ini dikenal karena jalan ceritanya yang mengaduk imajinasi serta fantasi dari penonton serta penggunaan efek visual yang canggih. Tak jarang film sci-fi harus dibuat dengan biaya yang besar.

Salah satu contoh film sci-fi yang dibuat dengan biaya produksi tinggi adalah The Martian yang keseluruhan filmnya menggunakan latar tempat di planet Mars.

Tentu ini membutuhkan biaya yang tak sedikit, biaya produksinya mencapai 108 juta dolar atau sekitar Rp1,5 triliun.

Ada juga film sci-fi karya sutradara Christopher Nolan yakni Interstellar. Tak main-main, biaya produksi film rilisan 2014 ini mencapai 165 juta dolar atau setara dengan Rp2,3 triliun.

Tapi tenang, tak semua film sci-fi dibuat dengan budget fantastis. Di bawah ini adalah 7 film sci-fi terbaik yang diproduksi dengan budget minim

Baca Juga: 7 Film Horror Thriller Bertema Ritual, Berani Nonton?

1. The Man From Earth (2007)

https://www.youtube.com/embed/9mOIxyRTY5I

The Man From Earth merupakan salah satu film sci-fi yang dibuat dengan budget minin namun dengan jalan cerita yang epik. Anggaran film ini hanyalah berkisar 200 ribu dolar atau setara dengan Rp2,8 miliar. 

Film yang rilis pada tahun 2000 ini lebih menitikberatkan pada dialog ketimbang efek visual canggih. Sang penulis film ini adalah Jerome Bixby.

Bixby menyelasaikan cerita dalam film ini pada tahun 1998. Film yang mengambil konsep longevity. Film ini mengisahkan pesta perpisahan seorang profesor (David Lee Smith) yang mengaku sebagai Cro-Magnon yang telah hidup selama lebih dari 14.000 tahun.

2. Coherence (2013)

https://www.youtube.com/embed/kxAOewNzz-8

Coherence merupakan film yang jadi debut James Ward Byrkit sebagai seorang sutradara. Dengan budget yang terbatas yakni 50 ribu dolar atau setara dengan Rp721,6 juta James membuat film di rumahnya sendiri. James menyewa aktor yang tidak saling mengenal.

Kinerja mereka sangat baik sehingga kritikus film Nell Minow mengatakan bahwa mereka adalah aktor profesional yang sudah saling kenal sebelum syuting.

Delapan orang teman di sebuah pesta makan malam mengalami rangkaian peristiwa aneh yang meresahkan karena pengaruh jahat dari komet yang lewat. 

3. Predestination (2014)

https://www.youtube.com/embed/xxG-YfedrfU

Seorang agen bernama Ethan Hawke (Ethan Hawke) memulai tugas perjalanan waktu terakhirnya untuk mencegah penjahat yang sulit ditangkap meluncurkan serangan yang membunuh ribuan orang.

Buat kamu yang suka dengan film berkonsep timer traveler, mungkin kamu telah menonton Predestination lebih dari sekali dengan tujuan untuk membedah plot film ini. Film ini didasarkan pada cerita pendek karya Robert A. Heinlein.

Mengusung konsep perjalanan waktu, film ini dibuat dengan biaya hanya 5 juta dolar saja atau setara dengan Rp72,1 miliar.

4. Another Earth (2011)

https://www.youtube.com/embed/N8hEwMMDtFY

Aktris cantik Brit Marling yang memerankan karakter Maggie dalam Sound of My Voice menjadi pemeran utama dalam fil bergenre drama sci-fi Another Earth.

Film ini mengisahkan seorang wanita (Brit Marling) dan seorang pria (William Mapother) yang menyatukan karena peristiwa tragis dalam hidup mereka, dan berfokus pada kunjungan mereka ke Bumi berbeda yang baru ditemukan.

Film ini dibuat dengan dana 100 ribu dolar atau sekitar Rp1,4 miliar, pertama kali diputar di 27th Sundance Film Festival dan merupakan salah satu film yang paling dipuji di acara tersebut. Plot tentang alam semesta paralel bukanlah hal baru, tetapi Another Earth  membuat konsep ini jauh lebih menarik.

5. Sound of My Voice (2011)

https://www.youtube.com/embed/KGPVd-M3eB8

Buat kamu yang suka film thriller psikologis tidak boleh melewatkan Sound of My Voice. Dibuat dengan anggaran 135 ribu dolar atau setara dengan Rp1,9 miliar, sudah cukup untuk membuat kagum bioskop dan kritikus film.

Film ini mengisahkan tentang pasangan suami istri asal California bernama Peter (Christopher Denham) dan Lorna (Nicole Vicius) yang pergi ke sebuah daerah terpencil untuk melakukan syuting film dokumter tentang pemimpin sekte bernama Maggie (Brit Marling). Maggie mengaku berasal dari tahun 2054 dan tampaknya alergi terhadap hampir semua hal di lingkungannya.

Maggie tinggal di ruang bawah tanah, hidup dari oksigen kaleng, makanan buatan sendiri dan darah pembantunya. Meskipun pada awalnya, Peter dan Lorna bersikeras bahwa Maggie adalah penipu, mereka berdua akhirnya jadi pengikut sekte yang dipimpin oleh Maggie.

6. Safety Not Guaranteed (2012)

https://www.youtube.com/embed/73jSnAs7mq8

Safety Not Guaranteed adalah salah satu film sci-fi terlucu yan pernah dibuat. Film ini dibintangi oleh komedian Aubrey Plaza, Jake Johnson, Karan Soni, dan Kristen Bell. Mengisahkan petualangan tiga karyawan majalah Darius Britt (Aubrey Plaza), Jeff (Jake Johnson), dan Arnau (Karan Soni) yang ingin mewawancarai seorang pria yang memasang iklan mencari teman untuk melakukan perjalanan waktu.

Film ini hanya memiliki anggaran 750 ribu dolar atau setara dengan Rp10,8 miliar. Film ini dipuji oleh kritikus film lewat kinerja dari aktornya serta dialog dari masing-masing karakter yang sangat kuat.

7. Prospect (2018)  

https://www.youtube.com/embed/XSpw22HPdHU

Film Prospect yang rilis tahun 2018 memiliki cerita yang menarik. Seorang pria dan putrinya yang masih remaja menghadapi bahaya yang mengancam nyawa mereka saat mencari permata berharga di bulan yang dihuni oleh alien.

Film ini memiliki anggaran 4 juta dolar atau setara dengan Rp57,7 miliar. Beberapa staf produksi juga menjadi pemeran dalam film ini dan efek visualnya diselesaikan di ruang bawah tanah milik sang sutradara, Zeek Earl dan Chris Caldwell.

Walaupun dengan biaya produksi yang minim, nyatanya film sci-fi di atas tetap menghasilkan film berkualitas dengan menitikberatkan pada jalan cerita dan dialog antar karakter, alih-alih menggunakan efek visual. Gimana, menurut kamu apakah film sci-fi harus dibuat dengan budget tinggi?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor tentang Travelling yang Kisahnya Menyeramkan

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya