Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri Kamu

Tanggapilah beragam hal negatif dengan bijak

Setiap orang pasti memiliki potensi dan keunggulan masing-masing. Namun, terkadang potensi atau kemampuan yang kamu punya sering diremehkan orang lain. Hal itu tentunya akan menimbulkan perasaan yang membuat down dan dapat menyinggung perasaan.

Saat kamu ada di posisi tersebut, janganlah ditanggapi negatif dan ubahlah menjadi sikap positif. Ganti perlakuan negatif dengan menerapkan lima sikap positif di bawah ini. Yuk, simak, apa saja tanggapan yang perlu dilakukan ketika orang lain meragukan potensi diri kamu!

1. Jangan dimasukkan hati

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri KamuIlustrasi wanita saat sendiri mendengarkan musik (pexels.com/Mike Jones)

Orang lain sering kali meragukan potensi dirimu dengan melontarkan kata-kata negatif yang menusuk. Hal tersebut dapat menjadikan mental seseorang down dan hilangnya kepercayaan diri. Saat kamu ada di posisi tersebut, alangkah baiknya jika kamu mengabaikan setiap ucapan negatif yang kurang baik untuk didengar, ya. Jangan terima kata-kata yang tidak ingin kamu terima.

Kamu tidak akan bisa mengontrol bagaimana lingkunganmu memperlakukan kamu, tapi kamu bisa mengontrol sikapmu terhadap lingkunganmu. Jadi diamkan saja mereka dan anggaplah angin lalu, dengan begitu semua tak akan jadi masalah, kan.

2. Jadikan motivasi

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri KamuIlustrasi wanita yang sedang bekerja (pexels.com/RF._.Studio)

Ketika kamu menerima perlakuan serta komentar negatif, janganlah kamu ambil hati perlakuan tersebut. Lebih baik ambil sisi positifnya dengan dijadikan motivasi diri. Terus berpikir positif dan yakini bahwa kamu memiliki potensi yang unggul dan jadikan berbagai komentar tersebut untuk memacu semangatmu.

Terkadang, justru dengan beragam komentar yang kurang baik akan dirimu nantinya dapat memacu kamu untuk lebih meningkatkan kualitas diri. Sehingga selalu ambil hikmah dari setiap kejadian, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Menemukan Orang yang Mencintai Apa Adanya, Cek!

3. Tetap lakukan yang terbaik

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri KamuIlustrasi seseorang saat bekerja (pexels.com/ANTONI SHKRASBA)

Ketika ada yang mencibir kinerja dan kemampuanmu, janganlah berkecil hati dan merasa minder. Dalam keadaan seperti ini,  kamu harus selalu yakin dengan terus melakukan yang terbaik. Kerjakanlah dengan maksimal dan dapatkan hasil yang memuaskan.

Dengan begitu kamu sudah menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki potensi unggul.

4. Tetap fokus 

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri KamuIlustrasi pria saat fokus bekerja (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Sikap fokus merupakan suatu hal yang penting dilakukan dalam melakukan berbagai hal. Seperti halnya pada pekerjaanmu, ketika orang orang tak mempercayaimu dan meragukanmu janganlah terbawa suasana.

Tetap fokus mengerjakan apa yang kamu kerjakan. Karena dengan fokus, kamu dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

5. Maafkan mereka

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Orang Lain Meragukan Potensi Diri KamuIlustrasi wanita tersenyum di depan laptop (pexels.com/Karolina Grabowska)

Maafkanlah orang-orang yang telah meragukanmu dan menyinggung perasaanmu. Mungkin mereka tidak mengetahui kelebihan dan potensi yang kamu miliki sehingga mereka melakukan hal tersebut.

Terus lakukanlah hal-hal baik meskipun lingkunganmu tak mendukungmu. Tak ada salahnya untuk memaafkan sesama, kan?

Ketika ada yang meragukan potensimu, tanggapilah dengan sikap bijak seperti lima tips di atas tadi. Dengan begitu, semua akan berjalan baik-baik saja. Yuk, bisa!

Baca Juga: 10 Trik Psikologi agar Orang Suka Kamu, Salah Satunya Self Love

Erina Syahda Evelyna Photo Community Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya