Comscore Tracker

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan Sahur

Selasa hingga Kamis puasa Ayyamul Bidh

Besok Selasa (15/2/2022) hingga Kamis (17/2/2022) merupakan waktu untuk mengerjakan puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab. Ayyamul bidh sendiri berarti merupakan hari-hari cerah, yaitu hari yang malamnya disinari bulan purnama.

Di hari Ayyamul Bidh umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh.

Baca Juga: 7 Amalan Bulan Rajab, Kerjakan Puasa Rajab dan Ucap Doa Ini

1. Keistimewaan bulan Rajab, dimuliakan Allah SWT

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan SahurIlustrasi berbuka puasa (Dok. IDN TImes)

Bulan Rajab merupakan bulan yang dimuliakan selain Ramadhan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram.

Rajab memiliki beberapa makna diantaranya mulia atau agung. Bulan ini dalam tradisi jahiliyah sangat dihormati. Sebagai bukti penghormatan tidak diperbolehkannya peperangan dalam bulan tersebut. Makna yang lain adalah al-isti’dad atau persiapan.

Memasuki bulan Rajab bulan yang dimuliakan, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan-amalan untuk mendapat ridho Allah SWT.

2. Salah satu amalan paling utama di Bulan Rajab adalah puasa

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan Sahurrappler.com

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas, puasa di ayyamul bidh dihukumi sunnah muakkad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan. “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Mengerjakan puasa Rajab sangat dianjurkan, bahkan sehari mengerjakan puasa Rajab laksana berpuasa setahun.

Diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim berpuasa di bulan Rajab disebut Rasulullah SAW sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

Nabi bersabda:

“Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab)."

Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid:

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Niat puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan Sahurpuasa

Adapun niat melaksanakan puasa ayyamul bidh adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ. Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Niat puasa ayyamul bidh ini disunnahkan untuk dilafalkan dengan lisan, tidak sekadar dibaca dalam hati. Niat ini juga mulai boleh dilaksanakan sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Hal itu dengan catatan belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

4. Mengerjakan sahur dan melafalkan doa saat buka puasa

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan SahurInstagram.com/burza.yogya

Sebelum melaksanakan puasa ayyamul bidh, umat Islam disunnahkan untuk sahur terlebih dahulu pada waktu menjelang Subuh sebelum imsak. Jika waktu Maghrib telah tiba, sunnah bagi orang yang melakukan puasa ayyamul bidh untuk menyegerakan berbuka.

Menurut Sulaiman Bujairimi dalam Hasyiyah Iqna berikut ini adalah doa buka puasa yang disunnahkan dilafalkan oleh orang yang berpuasa

’ اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.

Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap.

Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya. Doa ini ditutup dengan permohonan ampun.

5. Keutamaan mengerjakan puasa Ayyamul Bidh

Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan SahurFriso

Fadilah atau keutamaan puasa Ayyamul Bidh ini yakni memiliki keutamaan seperti puasa sepanjang tahun bagi yang dapat melaksanakannya selama tiga hari.

Sebuah hadits yang diriwayatkan Abudzar ra menyebutkan Nabi Muhammad saw. bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (I’ânatut Thâlibîn Juz II)

Nah sudah siap menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab? yuk 

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rajab Mulai Selasa, Niat dan Keutamaannya

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya