Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk Teman

Kematian merupakan awal menuju kehidupan yang lebih sempurna

Keyakinan umat Kristen hidup merupakan perziarahan untuk menuju kehidupan kekal ke rumah Bapa di surga.

Sesudah kehidupan manusia berakhir di dunia, maka manusia akan menuju kehidupan yang abadi.

Masuk ke kehidupan yang abadi setelah menjalani kehidupan, Allah akan menghapus semua derita manusia dan tidak akan ada lagi maut, duka cita, tangisan atau segala bentuk penderitaan seperti yang dialami manusia di dunia.

Berikut ini makna kematian menurut Kristen, dan ucapan duka cita untuk keluarga yang ditinggalkan dilansir dari Popmama.

Baca Juga: 15 Ucapan Belasungkawa Katolik untuk Penghiburan yang Tengah Berduka

1. Meninggalnya orang beriman kristiani yakni keikutsertaan dalam kematian Kristus

Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk TemanRumah duka di California mulai kehabisan ruang menampung jenazah. Ilustrasi (unsplash.com/Mayron Oliveira)

Kepercayaan menurut Kristen, kematian bukanlah akhir, akan tetapi merupakan awal yang baru dan bukan sesuatu yang harus ditakuti. Kematian adalah berpindahnya sebuah kehidupan menuju kehidupan kekal yang jauh lebih sempurna.

Kematian disebut juga merupakan pelepasan dari semua kesulitan yang ada di dunia dan dari jasmani untuk menuju ke kehidupan yang kekal dan mulia di surga. Kematian juga bisa diartikan sebuah perhentian dari penderitaan dan pekerjaan yang dilakukan di dunia.

Kematian merupakan kepergian kita untuk tinggal bersama orang percaya yang sudah mati mendahului kita dan menjadi pintu masuk ke hadapan Allah yang hidup.

Kematian orang beriman kristiani berarti keikutsertaan dalam kematian Kristus. Kita mati dalam Kristus. Kematian sebagai upah dosa diubah menjadi berkat, karena kita mati dalam Kristus.

Rasul Paulus menegaskan hal ini kepada umat di Filipi: “Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” (Flp 1:21).

2. Ucapan duka cita dan ungkapan belasungkawa bagi orang Kristen yang meninggal

Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk Temanilustrasi salib (pexels.com/RODNAE Productions)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Tidak pernah mudah untuk menemukan kata-kata penghiburan yang tepat ketika seseorang yang kita kenal menderita kehilangan orang yang kamu cintai.

Namun di saat-saat duka, beberapa kata yang diucapkan dengan baik dapat membantu memberikan kedamaian.

Sebagai seorang Kristen, panggilan, doa dan kunjungan sering kali membantu. Berikut adalah beberapa simpati, pesan belasungkawa yang dapat membantu orang yang kamu kenal sebagai penghiburan.

3. Doa yang tulus untuk si mati

Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk Temanilustrasi berdoa (unsplash.com/Patrick Fore)
  • Setelah air mata mengering dan ucapan selamat tinggal telah diucapkan, yang harus kita pegang hanyalah kenangan indah yang telah kita bagikan dengan orang yang kita cintai yang telah meninggal, inilah yang membuat mereka tetap hidup di hati dan pikiran kita, dan mereka akan terus hidup, melalui kita. Aku berdoa agar kamu memiliki kedamaian dan kekuatan saat ini.
  • Meskipun tidak ada kata-kata yang benar-benar dapat membantu meringankan kehilangan yang kamu tanggung, ketahuilah bahwa kamu sangat dekat dalam setiap pikiran dan doa.
  • Aku akan terus terinspirasi oleh tindakan yang dia lakukan dan hal-hal yang dia katakan selama dia masih hidup. Dia akan hidup dalam ingatanku.
  • Aku kehilangan kata-kata, dan tidak tahu harus berkata apa untuk membantu merasa lebih baik. Tolong terima belasungkawa dari aku.

4. Pesan belasungkawa singkat untuk orang Kristen

Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk TemanPemandangan Gereja Katedral Makassar, pusat aktivitas Kristen Katolik, antara tahun 1900 hingga 1919. (Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures)
  • Mohon terima belasungkawa kami. Kami sangat menyesal atas. Semoga doa kami membantu menghibur kamu dan mempercepat perjalanan jiwanya ke Surga.
  • Semoga Tuhan kita memberkati dan menghibur kamu dan keluarga selama masa duka ini. Mohon terima belasungkawa tulus dari kami.
  • Mohon terima belasungkawa kami, ketahuilah bahwa kami ada untuk kamu, dan jangan ragu untuk menghubungi, terutama selama masa sulit ini.
  • Semoga Tuhan memberi kamu kenyamanan dan kedamaian yang dicari dan semoga jiwa orang yang kamu cintai beristirahat dalam damai.

5. Pesan belasungkawa untuk teman dekat

Ucapan Duka Cita Untuk Agama Kristen, Pesan Belasungkawa Untuk Temanpexels.com/pixabay
  • Dalam masa sulit dalam hidup kamu ini, semoga persahabatan, simpati, dan belasungkawa dari kami yang tulus membuat kamu nyaman.
  • Kami sangat sedih atas kehilangan yang kamu rasakan, hati kami tertuju kepadamu dan orang yang kamu kasihi dan semoga doa kami membimbing jiwanya kepada Bapa di Surga.
  • Kami sedih atas kehilanganmu. Kami tahu dia sedang mengawasi dari Surga. Pikiran dan doa kami menyertai.

Mungkin ucapan duka cita, ungkapan belasungkawa dan doa terlihat sederhana. Tapi, tahukah kalian dampaknya bisa membuat orange yang kamu kenal tengah berduka jadi lebih tenang.

Baca Juga: Doa Syafaat Pemuda Kristen dan Contohnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya