Comscore Tracker

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan Ramadan

Semangat jangan sampai kendor!

Semarang, IDN Times - Menuju pertengahan bulan Ramadan, masih semangat, kan puasanya? Selain puasa wajib, memperbanyak ibadah lain di bulan Ramadan juga sangat dianjurkan. Ada banyak ibadah yang bisa dikerjakan mulai dari salat tarawih, tadarus Al-Qur’an, hingga berzikir sepanjang malam.

Biar tetap semangat menjalankan ibadah sampai penghujung bulan Ramadan nanti, ikuti lima tips di bawah ini, yuk!

1. Punya jadwal kegiatan yang jelas

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan RamadanIDN Times/Anjani Eka Lestari

Agar tetap semangat beribadah di bulan Ramadan, kuncinya adalah selalu meluangkan waktu. Kamu perlu menentukan jadwal kegiatan yang jelas agar semuanya bisa berjalan lancar.

Tetapkan jam berapa kamu bekerja, istirahat, olah raga, menyiapkan makanan, dan menjalankan ibadah. Dengan jadwal yang jelas dan teratur, ibadah jadi lebih mudah dilakukan.

2. Hindari utang tidur

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan RamadanIDN Times/Rizka Yulita

Tahu gak apa yang membuat tubuh terasa lemas dan malas saat berpuasa? Jawabannya adalah waktu istirahat yang kurang. Selama berpuasa, energi kita tentu gak sebanyak hari biasa. Harus pintar-pintar menjaga kondisi tubuh dengan cara mencukupi kebutuhan istirahat.

Hindari utang jam tidur, pastikan istirahat cukup di malam hari dan luangkan 30 menit – 1 jam tidur siang. Kebiasaan begadang akan membuat tubuh terasa lemas dan mengantuk selepas sahur.

Menuruti keinginan tidur selepas sahur pun bukan pilihan yang baik. Justru bisa membuatmu merasa lebih malas saat beraktivitas di siang hingga sore hari.

Baca Juga: 5 Stok Bumbu yang Wajib Disimpan Selama Ramadan, Masak Anti Ribet

3. Ciptakan suasana nyaman di rumah

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan RamadanIDN Times/Rizka Yulita

Suasana rumah atau tempat ibadah yang nyaman pasti bikin kita lebih semangat, kan? Jaga kerapian ruang ibadahmu di rumah, bisa juga pasang wewangian aromaterapi. Dijamin jadi lebih betah berlama-lama di sana untuk baca Al-Qur’an atau berzikir.

4. Gak perlu memaksa, tapi jangan terlalu memanjakan diri

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan RamadanIDN Times/Rizka Yulita

Penting untuk diingat, nih kamu gak perlu memaksakan diri dalam mengerjakan ibadah. Boleh pasang target, misalnya ingin menyelesaikan satu juz dalam sehari. Tapi ketika gak tercapai karena kelelahan atau mengantuk, kamu gak perlu menyesalinya.

Jangan juga terlalu memanjakan diri, apalagi sampai menunda-nunda keinginan beribadah. Gak mau, kan melewatkan pahala berlimpah dari berbagai amalan di bulan Ramadan ini?

5. Cari pendukung biar lebih semangat

5 Tips Mudah Menjaga Semangat Beribadah di Pertengahan Bulan RamadanIDN Times/Rizka Yulita

Biar makin semangat, gak ada salahnya mencari dukungan dari orang lain. Atau bisa juga membuat supporting group bersama teman-teman di WhatsApp.

Kalian bisa saling mengingatkan, membuat kegiatan rutin, dan menentukan target bersama. Kalau dilakukan bareng-bareng pasti jadi lebih semangat, kan?

Yuk, ciptakan #Ramadandirumah yang seru!

Baca Juga: Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya